Diduga Tidak Ada Izin Usaha, HO dan IMB

Suara Kaset Burung Walet Resahkan Warga dan Ganggu Kegiatan Belajar  


riaupotenza.com
Inilah Ruko yang digunakan sebagai penangkaran sarang walet di Pintu gerbang Yayasan Al Usmaniyah dinilai sangat mengganggu dan meresahkan warga setempat. foto Slamet 

BAGANBATU (RPZ) --  Suara kaset burung walet di Jalan Imam Munandar Simpang Riset Kepenghuluan Bagan batu Kecamatan Bagan Sinembah tepatnya di gerbang pintu yayasan Pendidikan Al Usmaniyah sangat mengganggu dan meresahkan kegiatan belajar mengajar dan warga setempat.

"Jelas sangat mengganggu kegiatan belajar mengajar," kata Ketua Yayasan Al Usmaniyah Bagan Batu Jamhurdin kepada awak media, Rabu (21/9).

Disampakan Jamhurdin, suara kaset burung walet itu terdengar sangat jelas dan kuat  bahkan posisinya menghadap langsung ke arah ruang kegiatan belajar sekolah yang berjarak kurang lebih 70 meter.

"Suaranya sangat jelas dan kuat, terdengar mulai pagi hingga sore," Jelas Jamhurdin lagi.

Dikatakan Ijam yang akrab di sapa ini, penangkaran sarang burung walet dinilai tidak memperhatikan  lingkungan bahkan saat mendirikan bangunan untuk penangkaran sarang burung walet juga tidak ada izin dari masyarakat setempat ( HO). "Tak ada minta izin dari kami atau warga setempat," Ucap Ijam lagi.

Saat ditanya pemilik usaha sarang walet tersebut, Ijam tidak mengetahui karena sejak mendirikan bangunan hingga membuka usaha sarang walet itu tak pernah bertemu dengan pemilik.

"Gak tau siapa pemiliknya, karena sejak membuka usaha itu tak pernah berjumpa dan rukonya tutup terus," jelas Ijam.

Sementara itu, Camat Bagan Sinembah Drs.Ahmad Atin didampingi Kasi umum Zulfikar saat dikonfirmasi terkait hal itu, meminta kepada pemilik usaha sarang walet agar tetap memperhatikan lingkungan sekitar apalagi di lokasi tersebut berdekatan dengan sekolah.

"Kita minta suaranya dikecilkan pada saat jam belajar mengajar," pinta Camat Drs Ahmad Atin.

Saat ditanya terkait izin usaha dan Izin Mendirikan Bangunan ( IMB) penangkaran sarang walet, Camat mengaku sampai saat ini tidak ada rekomendasi izin usaha maupun IMB yang ada di komplek Yayasan Al Usmaniyah tersebut. "Sejauh ini tidak ada izinnya," tegas Camat Drs.Ahmad Atin.(met)