Jargas Rumah Tangga, Warga Mulai Terima Kompor Gas Alam 


riaupotenza.com
Salah seorang ibu rumah tangga menerima kompor gas bumi gratis dari pihak kontrak pembangunan jargas di Pangkalan Kerinci.

PANGKALANKERINCI (RPZ) -- Warga di ibu kota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci mulai menerima kompor gas gratis. Hal ini menyusul pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga hampir rampung. 

Pendistribusian kompor gas sebagai kelengkapan dari proyek  strategis Kementerian ESDM Ditjen Migas tahun 2022 berlangsung di Kantor KSO Noorel SAJ di Jalan Sakura Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Riau. 

Tampak satu persatu warga bergantian menerima paket kompor gas dua tungku dari pihak kontraktor pelaksana. Sebelum serah terima, beberapa persyaratan harus dipenuhi seperti foto copy KK, KTP El, struk pembayaran listrik, foto meteran gas yang sudah terpasang dan lainnya. Begitu pula terhadap paket kompor juga dicek kembali kelengkapannya sebelum diterima warga. 

Diketahui, bahwa proyek strategis Kementerian ESDM Ditjen Migas di Kabupaten Pelalawan sudah dimulai sejak Maret 2022 lalu. Di Provinsi Riau untuk tahun 2022 hanya dua kabupaten saja yang menerimanya, yakni Kabupaten Pelalawan dan Siak. 

Dan jargas ini, diperkirakan akan selesai pada Oktober 2022 sesuai estimasi kontrak kerja selama 210 hari (13 Maret-10 Oktober 2022) 

"Jadi perkiraan November 2022 mendatang warga sudah bisa menikmati gas rumah tangga ini,"jelas salah Zen kontraktor PT Noorel SAJ ditemui saat penyerahan kompor gas alam dengan merek UJB, Selasa (20/9/2022). 

Kabupaten Pelalawan sebutnya mendapat calon pelanggan sejumlah 3.712. Ada 4 sektor yang tersebar di Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota dan Pangkalan Kerinci Timur. 

Untuk sektor 1 dan 4 sudah selesai begitu juga untuk sektor 2 dan 3 sudah selesai konstruksi pipa tinggal bebrapa rumah yang belum terpasang meteran. Sambil berjalan proses  looping tes (tes kebocoran secara keseluruhan). 

Sementara untuk lobang galian yang dikeluhkan masyarakat, dipastikan akan di kembalikan seperti semula setelah proses looping tes selesai.

Pembangunan jargas ini tersebar di Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota dan Pangkalan Kerinci Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Riau. 

Kabupaten Pelalawan mendapatkan jatah jargas ini setelah Bupati Pelalawan mengajukan usulan ke pihak Kementerian ESDM Ditjen Migas, karena Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu daerah sumber terbesar di Riau.

Sedangkan pembangunan Jargas di Pangkalan Kerinci ini, merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan dan Pemerintah Provinsi Riau.

Bupati Pelalawan H Zukri Misran dalam beberapa kesempatan menyebutkan, sejatinya, Negeri Amanah ini tidak termasuk dalam peta alokasi pembangunan Jargas rumah tangga, namun usulan tersebut diterima oleh Kementerian ESDM.

Hal tersebut mengingat Pelalawan memiliki potensi Migas yang melimpah dan dikelola oleh Pertamina serta PT EMP Bentu. Selain itu, jargas ini juga telah tersambung untuk kebutuhan industri perusahaan kertas.(amr)