Pengerjaan Astaka Utama MTQ Ke-40 Terus Digesa


riaupotenza.com

BAGANSIAPIAPI (RPZ) - Jelang perhelatan Akbar Mushabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke 40 tahun 2022, tingkat provinsi Riau di Kabupaten Rokan Hilir, Dinas Pengerjaan Umum Dan Tata Ruang (PUTR) Rokan Hilir terus mengesa pengerjaan sarana dan prasarana pendukung, diantaranya pengerjaan astaka utama MTQ.

"Pengerjaan astaka utama sudah 60 persen pengerjaan, hanya saja tinggal lagi pengecatakan karena saat ini musim penghujan dikuatirkan cat memudar

Diperkirakan dua Minggu jelang MTQ pihaknya akan melakukan pengecatan dan pasilitas lainnya," jelas Plt Kepala Dinas PUTR Rokan Hilir Asnar, Ss, MSi di ruangan kerjanya, Kamis (23/6/2022).

Lanjut Asnar, selain pembuatan astaka utama  kegiatan pendukung lainnya pembuatan astaka mini segera digesa yang nantinya digunakan untuk pertandingan para peserta antar kafilah se provinsi.

"Untuk mendukung kegiatan MTQ Provinsi Riau tersebut, jalan di sekitar arena MTQ akan dilakukan pengaspalan agar tidak lagi mengalami kebanjiran selama kegiatan MTQ nanti," sebut Asnar.

Asnar Juga menjelaskan, astaka utama dibuat berbentuk kapal, mengingat sejarah bahwa Rokan Hilir merupakan kabupaten penghasil ikan terbesar di dunia, sehingga pak bupati ingin adanya nilai historis.

Sementara itu pengawas lapangan, Zulkifli mengatakan untuk fisik struktur bangunan secara global astaka utama sudah mencapai 75 persen pengerjaan, dan 25 persen lagi aksesoris serta ornamen.

"75 persen pengerjaan dilaksanakan selama dua Minggu, diperkirakan selesai akhir bulan Juli tahun 2022 ini," tutupnya. iin