Di Bunut, Pangkalan Lesung dan Pangkalan KerinciĀ 

Kabupaten Pelalawan Bakal Ada Tiga Exit Tol


riaupotenza.com
Bupati Pelalawan H Zukri Misran bersama sejumlah pejabat membahas usulan pergeseran dan penambahan exit tol di kantor Gubernur Riau.

PANGKALANKERINCI (RPZ) -Di Kabupaten Pelalawan bakal ada 3 exit tol. Lokasinya, di Desa Genduang Kecamatan Pangkalan Lesung, Desa Balam Merah Bunut dan KM 55 Pangkalan Kerinci. 
Hal ini dikatakan Bupati Pelalawan H Zukri Misran didampingi Plt Kepala Bappeda Tengku Zulfan, SE, Ak, Rabu (25/5/2022) kemarin. 

"Sebagai bahan koreksi, Pak Bupati mengusulkan 1 exit tol tambahan. Sementara memang sudah ditetapkan 2 exit tol di ruas tol Rengat-Pekanbaru yang melintas Kabupaten Pelalawan. Jadi, in syaa Allah jika disetujui, akan ada 3 exit tol nantinya di daerah kita,"jelasnya kemarin. 

Zulfan mengatakan, ruas tol Rengat Kabupaten Indragiri Hulu-Pekanbaru sebagai bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang lebih kurang 207 km. 
" 110 km diantaranya melewati Kabupaten Pelalawan,"terang Zulfan

Dari ruas jalan bebas hambatan itu sambung mantan Kabag Program Pembangunan Setda Pelalawan ini, pihak panitia penetapan lokasi Kementerian PUPR terdapat 2 exit tol yaitu di Jalan Lintas Bono tepatnya Desa Balam Merah Kecamatan Bunut dan Pangkalan Kerinci tepatnya dekat perkantoran Bupati Pelalawan.    

Pemda Pelalawan lanjut Plt Kepala Bappeda ini sangat mendukung pembanguna jalan tol ini. "Tentu kita sangat support karena sangat bermanfaat baik bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan maupun dunia usaha yang berada di wilayah Kabupaten Pelalawan dalam upaya mempercepat akses transportasi dan waktu tempuhnya,"ungkap Zulfan.

 Lebih rinci Zulfan menyebutkan, awalnya di ruas Rengat-Pekanbaru  ini, ada 2 exit tol yang direncanakan tersebut. Namun lanjut dia, dengan pertimbangan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha maka Pemkab Pelalawan mengusulkan tambahan exit tol yang terkoneksi dengan jalan Ukui-Kerumutan di sekitar Desa Genduang Kecamatan Pangkalan Lesung. 

"Kita memandang sangat layak untuk ditambah dengan pertimbangan mempercepat akses masyarakat 3 kecamatan, yakni Pangkalan Lesung, Ukui dan Kerumutan ke ibukota Pangkalan Kerinci dan Pekanbaru,"terang Zulfan terkait alasan Bupati Pelalawan H Zukri Misran meminta tambahan exit tol terkait. 

Tak hanya itu lanjut dia, dengan adanya tambahan exit tol itu juga maka, armada angkutan CPO menuju Dumai akan lebih cepat karena ada sekitar 10 PKS di 3 kecamatan tersebut termasuk akses kendaraan angkutan Pertamina Hulu Energi Kampar.  

 "Bahkan selain itu juga, exit tol ini diharapkan dapat menunjang objek wisata TNTN di Ukui, Suaka Margasatwa Kerumutan dan alternatif menuju Wisata Bono Teluk Meranti,"benernya 

Zulfan menyebutkan, sedangkan exit tol Pangkalan Kerinci hanya digeser karena dekat sekali dengan perkantoran Pemda Pelalawan yang nantinya dikhawatirkan kesemrautan jalan dalam kota Pangkalan Kerinci sebagai ibu kota Kabupaten Pelalawan yang saat ini saja sudah padat.

Terkait usulan dan pergeseran Exit Toll di Kabupaten Pelalawan ini lanjutnya memang sudah dibahas di kantor Gubernur Riau beberapa hari lalu.amr