Selamatkan Bangsa, Amien Rais Bertemu Ulama Riau


riaupotenza.com
HM Amien Rais (f:int)

PEKANBARU (RPZ) - Cari masukan pikiran selamatkan nasib bangsa, tokoh reformasi HM Amien Rais akan bertemu dengan sejumlah ulama Riau di Pekanbaru, Sabtu (15/1), di Hotel Aryaduta, seusai pelantikan pengurus DPW Ummat Riau.

"Pertemuan ini inisiatif Pak Amien Rais sendiri untuk mendapatkan masukan pikiran dan sikap ulama-ulama dari Riau dalam menyelamatkan bangsa Indonesia dari kondisi sekarang ini," kata Nasrun Effendi kepada wartawan kemarin.

Menurut ketua dewan syuro DPW Partai Ummat Riau yang akan dilantik besok (15/1) di Hotel Aryaduta, Pekanbaru ini, ulama-ulama yang bertemu dengan Pak Amien itu antaranya dari alumni Gontor, Al Azhar Cairo, Suriah, MUI, ICMI, Muhammadiyah, NU dan pengasuh pondok pesantren. Dalam jumlah yang terbatas, sekitar 50 orang saja.

Bismar Rambah, wakil ketua DPW Ummat Riau menambahkan, pertemuan ini sangat penting, sebab yang dibahas nasib bangsa, bukan ulama saja. "Partai Ummat sebagai milik ummat berjuang menyelamatkan bangsa dan nasib ummat bersama para cerdik cendikia dan para ulama," ujarnya.

Sebagaimana sejarah pendirian bangsa ini dulu, menurut Bismar Rambah, para ulama duduk di posisi penting, selain sebagai penggerak perjuangan kemerdekaan dari penjajah, juga sebagai perumus haluan bangsa mengisi kemerdekaan. "Jadi sampai  kapan pun peran para ulama tetap didulukan dalam menentukan arah bangsa ini."

Dalam pelantikan pengurus Partai Ummat pada sebagian besar di Sumatera ini, Amien Rais mengadakan pertemuan dengan para ulama di setiap daerah tempat yang dituju dan dia singgahi, mulai dari Lampung sampai di daerah-daerah di Sumatera bagian Utara, seperti Sumut dan Aceh.bid