Tahun 2022, Pemprov Riau Kembali Programkan Pembangun Sekolah untuk Dua Daerah di Riau


riaupotenza.com
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Dr Kamsol

PEKANBARU (RPZ) - Tahun 2022 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau kembali rencanakan pembangunan sekolah tingkat SMA di Riau. Namun, pembangunan sekolah tersebut baru direncanakan untuk dua daerah yang dinilai sangat diperlukan.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, Dr Kamsol, jika dua daerah yang direncanakan itu adalah Kota Pekanbaru dan Kota Duri Kabupaten Bengkalis yang saat ini dalam tahap persiapan.

"Pembangunan ini, juga merupakan program bapak Gubrnur Riau untuk memaksimalkan gedung sekolah dan mengantisipasi permasalahan pendidikan serta memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat Riau," katanya, Kamis (13/1).

Untuk kepastian wilayah dan lokasi pembangunan sekolah jelasnya, sesuai informasi awal untuk di Kota Pekanbaru  kemungkinan direncanakan di kecamatan Tenyan Raya dan Payung Sekaki. Sedangkan di Kabupaten Bengkalis kemungkinan di Kadis.

"Namun, itu baru sesuai informasi awal yang belum bisa  di pastikan. Begitu juga di daerah Kandis yang belum ditetapkan lokasinya," katanya.

Pembangunan ini tambahnya, juga untuk masyarakat kita yang jauh dari jangkauan sekolah dan daerah padat penduduk yang sulit untuk masuk sekolah negri karena juga direktori ekonomi tidak mampu sekolah di swasta.

"Permasalahan ini juga sesuai pengalaman setiap tahun. Dimana setiap tahun itu selalu terjadi permasalahan penerimaan siswa di Riau karena sekolah memang tidak mampu untuk menampung siswa baru karena keterbatasan ruangan," katanya.

"Sedangkan sekolah jauh, anak-anak kesulitan pergi sekolah karena jauh dari tempat tinggal mereka. Sehingga ini jadi perhatian oleh Gubernur Riau untuk bisa terus dikembangkan agar pendidikan anak-anak di Riau tidak terganggu sebagai generasi penerus kedepan," tuturnya.

Diharapkan kataya, rencana pembangunan sekolah ini berjalan lancar dan juga merupakan langkah baik untuk kemajuan pendidikan Riau kedepan. Sesuai yang sebekumnya juga telah dilaksanakan di beberapa daerah di Riau.

"Pembangunan sekolah ini, juga sesuai dengan visi misi Gubri dan Wagubri dalam mewujudkan pendidikan Riau lebih berkualitas yang memiliki daya saing tingkat nasional maupun internasional. ," tutupnya.(dre)