Bupati Rohil Suport Program PSR Trek Surveyor Indonesia.


riaupotenza.com

BANGKO (RPZ) -- Pemerintah Kabuapten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau memberikan dukungan penuh atas program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Rokan Hilir lewat trek atau jalur Surveyor Indonesia (SI).

Koordinator SI Provinsi Riau, Ridho Arisandi SAp.MM bersama tim, Ari dan Sucipto Bagio, didampingi Panglima RMB/LHMR Rohil, Anto Ramli SH serta sejumlah ketua kelompok tani perkebunan kelapa  sawit melakukan kunjungan dengan Bupati Rohil, Afrizal Sintong, Jumat (7/1/2022) di dirumah dinas Bupati Rohil.

Kedatangan Koordinator SI dan sejumlah perwakilan ketua kelompok tani ini untuk membicarakan persoalan SK Calon Perkebun Calon Lahan (CPCL) yang tak kunjung dikeluarkan Dinas Perkebunan Rokan Hilir.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong secara langsung menghubungi Kadis DKPP Rohil, H.Wan Rusli Syarief untuk segera menyelesaikan SK CPCL untuk percepatan realisasi program PSR di Rokan Hilir trek Surveyor Indonesia.

Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP mengatakan, program PSR sangat bagus dan dapat membantu masyarakat petani perkebunan sawit di Rokan Hilir.

"Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) ini sangat bagus, terkadang petani kita terkenda karena bibit sawit yang mereka tanam tidak berkualitas. Jadi, kita sangat suport sekali program PSR trek Surveyor Indonesia," kata Bupati.

Lanjut Bupati, sejauh ini kinerja Surveyor Indonesia cukup bagus dan berpihak kepada masyarakat petani. Dengan adanya SI tambah Bupati, dapat melatih kelompok-kelompok tani di Rokan Hilir untuk mempersiapkan persyaratan mendapatkan program replanting.

"Kinerja SI selama ini cukup bagus. Artiny, adanya pendampingan dari SI, petani-petani kita dapat terbantu, kami juga berharap agar Dinas terkait dapat membantu jika memang ada kekurangan persyaratannya segera dikasitau dan jika memang bisa dipermuadah apa salahnya dipermudah," pintanya.

Menurut Bupati, potensial PSR di Rokan Hilir cukup luas sekali hampir 60 sampai 75 persen penghasil masyarakat sebagai petani kebun sawit. Hanya saja sedikit ada kendala lahan yang diolah masyarakat sebagian ada masuk dalam kawasan hutan.

"Kalau pontensi sangat-sangat besar sekali di Rohil, cuma kita sedikit ada kendala karena sebagian kebun masyarakat ada masuk kawasan, nanti kita akan minta bantu dengan pemerintah pusat untuk menyelesaikan persoalan itu. Artinya, pemerintah pusat harus mencarikan solusi untuk petani-petani yang sudah terlanjur membuka lahan dikawasan hutan," ujarnya.

Masih kata Bupati, pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan dan sport program PSR lewat jalur Surveyor Indonesia. Karena tambah Bupati, program PSR berdampak positif dalam membantu masyarakat petani kebun sawit di Rokan Hilir yang memiliki keterbatasan modal maupun petani  yang kurang mampu.

"Pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan dan sprot dalam program PSR ini. Program ini cukup membantu petani-petani kita, kami juga bersyukur ada program PSR, semoga program PSR bisa berjalan lancar di Kabupaten Rokan Hilir," doanya.

Koordinator Surveyor Indonesia Provinsi Riau, Ridho Arisandi SAp.MM mengucapkan terimakasih atas Suport dan dukungan Bupati Rohil yang telah mendukung dan memonitoring pergerakan dari program PSR.

"Kami berharap dari kelompok tani dibawah pendampingan Surveyor Indonesia kepada dinas DKPP Rohil untuk dapat menindak lanjuti printah Bupati Rohil untuk diterbitkan SK CPCL program PSR, seperti harapan pak Bupati, Afrizal Sintong" pungkasnya. (zul)