Kapolsek Himbau Warga Lebih Waspada Banjir dan Tanah Longsor


riaupotenza.com
Kapolsek Batang Cenaku, Ipda Asep Saifurrohman,S.Tr.K

INHU ( RPZ) - Kapolres Indragiri Hulu (Inhu) AKBP Bachtiar Alfonso, S.I.K, M.Si melalui Kapolsek Batang Cenaku, Ipda Asep Saifurrohman,S.Tr.K himbau warga sekitar bantaran sungai agar tetap berhati hati melewati jembatan dan mewaspadai kenaikan debit aliran sungai yang sewaktu waktu dapat meluap.

Hal ini disampaikan Kapolsek akibat dari intensitas curah hujan yang cukup tinggi terjadi beberapa hari terakhir ini mengakibatkan aliran sungai mengalami kenaikan dan ada banyak batang bambu dan pelepah pohon kelapa sawit yang hanyut ke sungai.

Himbauan terkait bencana alam jika musim penghujan sejak dulu sudah disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD). Namun, sebagai institusi pengayom dan  pelindung masyarakat tidak salahnya jika pihaknya ikut memberikan himbauan agar masyarakat di wilayah hukumnya itu tetap waspada dengan bencana alam seperti banjir.

" Ini juga menjadi kewajiban kita bersama untuk mewanti wanti agar masyarakat lebih berhati hati dengan bencana banjir yang bisa saja terjadi sewaktu waktu di penghujung tahun ini," kata Kapolsek, Senin (27/12/2021).

Debit air di sungai Cenaku dan sungai Pejangki sudah naik karena tingginya intensitas curah hujan yang terjadi sejak Sabtu kemarin, ujar Kapolsek. Selain itu, air dari sungai tersebut juga sudah mulai naik dan menerjang sebagian alur transportasi penghubung antar Desa.

," Sudah kita ketahui bersama, satu jembatan di Desa Pejangki menuju kebun masyarakat serta ke PT Arvena putus diterjang banjir. Jadi kami menghimbau agar warga lebih waspada terutama yang tinggal di bantaran sungai," himbau Ipda Asep.

Masih kata Kapolsek, hujan lebat seperti saat ini besar kemungkinan juga dapat disertai angin kencang sehingga banyak mengakibatkan pohon tumbang. Sehingga warga harus tetap waspada saat beraktifitas di luar rumah seperti berkendara.

"Bagi masyarakat yang tinggal di perbukitan yang rawan longsor agar tetap waspada. Apabila keadaan memburuk dapat segera mengungsi ketempat yang lebih aman," pungkasnya.(har)