Sampah Menumpuk di Jalan Desa Aurcina - Bukit Lipai, Pihak Desa dan Kecamatan Harus Cari Solusi


riaupotenza.com
Sampah nampak berserakan di jalan penghubung Simpang 3 Kilan - Aurcina menuju Desa Bukit Lipai.

INHU (RPZ) - Menumpuknya sampah di pinggir jalan penghubung Simpang 3 Kuala Kilan - Desa Aurcina menuju Desa Bukit Lipai Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menjadi pemandangan yang tidak sedap bagi pengguna jalan yang melintas di jalur tersebut.

Pantauan media di lokasi, tumpukan sampah di tepi jalan tersebut juga tidak terlalu jauh dari permukiman warga. Tidak diketahui siapa yang membuang sampah dilokasi ini.

Selain merusak pemandangan, sampah ini juga mengeluarkan aroma tidak sedap. Dan yang lebih dikawatirkan lagi, menyebabkan berbagai penyakit jika lalat yang berasal dari tumpukan sampah sempat membawa bakteri ke rumah warga sekitar.

Sampah berupa sisa sayuran dan buah buahan yang sudah membusuk ini diduga buangan dari rumah tangga yang dibungkus ke dalam plastik. Ironisnya, tumpukan sampah ini sudah mulai berserakan di pinggir jalan lebih kurang 25 meter.

Menurut warga, sudah sering himbauan ataupun larangan keras berupa plang dan spanduk agar siapa pun tidak  membuang sampah di pinggir jalan ini. Namun, himbauan itu seakan tidak diindahkan warga, dan tetap saja membuang sampah di sini.

“Sampah menumpuk dan berserakan di jalan ini sudah menjadi pemandangan sehari hari. Terlebih saat ini musim penghujan sehingga sampah mengeluarkan aroma busuk,"  kata Rian salah seorang pengguna jalan kepada media, Jumat (24/12/2021).

Rian mengatakan, hal ini terjadi akibat adanya oknum yang tidak bertanggung jawab membuang sampah sembarangan tanpa memikirkan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

“Kalau dia bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, dia tidak mungkin buang sampah di sembarangan tempat,” ujarnya.

Dirinya berharap, pihak Pemerintah Desa Aurcina dan juga Pemerintah Kecamatan Batang Cenaku menyikapi hal tersebut dan kembali memasang spanduk di tempat yang dimaksud.

Terpisah, Kepala Desa Aurcina, Suherman mengatakan, pihaknya sudah berupaya mengantisipasi dan menanggulangi agar warga tidak membuang sampah di alur transportasi penghubung Desanya menuju Desa Bukit Lipai.

," Sudah  beberapa kali kami pasang spanduk, tapi tidak di indahkan oleh masyarakat. Kami pun juga pernah membersihkan tumpukan sampah itu menggunakan eskavator," ungkap Suherman.

Menyikapi hal ini, ia akan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan untuk mencari solusi agar masyarakat tidak sembarangan lagi membuang sampah diwilayah Desanya.

," Kemarin saya dan pihak Kecamatan ada wacana membuat tempat pembuangan sampah. Tapi masih mencari tempatnya. Besok saya jumpai pak Camat dan juga Kasi Trantib," ucapnya.
Camat Batang Cenaku,H Mas'ud, SE melalui Kasi Trantib, Ngali beberapa kali dihubungi media ini hingga berita ini dinaikkan belum bisa dimintai keterangan, kemungkinan besar yang bersangkutan masih ada sesuatu kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan.(har)