Riau Berkemungkinan Ditetapkan PPKM Darurat 


riaupotenza.com
dr Indra Yovi (Foto: corona.riau.go.id)

PEKANBARU (RPZ)- Informasi tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Riau, dr Indra Yovi, pada Konferensi Pers di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis (15/7).

Dikatakannya, jika kemungkinan penerapan  PPKM Darurat di Riau ini, khususnya pada kabupaten kota yang mengalami peningkatan drastis.

Seperti di Kota Pekanbaru yang sebelumnya diilai masih kurang efektif. Ha itu juga sesuai dengan kasus COVID-19 terus bertambah dan naik setiap harinya.

"Beberapa hari belakangan ini kasus COVID-19 di Riau hampir mencapai 1.000 kasus dan ratarata kembali diatas 400 per hari. Ini juga merupakan sinyal untuk peningkatan penerapan PPKM Darurat," katanya.

Untuk PPKM Darurat ini, tim Satgas Riau telah bersiap-siap jika sewaktu-waktu pemerintah pusat menetapkan PPKM Darurat diberlakukan di Pekanbaru, Riau. 

Untuk itu ia meminta seluruh kabupaten kota juga siap-siapkan diri jika  enerapan itu betul terjadi.

"Sebelumnya Pemprov Riau, Forkopimda, Pemko Pekanbaru sudah mengadakan pertemuan membahas persiapan-persiapan ini. Seandainya pemerintah pusat sebagai pemegang wewenang menetapkan PPKM
Darurat di kabupaten kota di Riau semua harus siap," katanya.

Pemerintah juga sudah melakukan persiapan matang untuk segala sesuatunya, termasuk oksigen, obat-obatan, ketersediaan rumah sakit COVID19, gedung isolasi mandiri, hingga puluhan ambulans.

"Persiapan sudah dibahas, supaya begitu sudah dinyatakan PPKM Darurat untuk di kota atau kabupaten, semua sudah siap dan jangan sampai saat dinyatakan PPKM Darurat baru bersiap-siap. Kita harus siap-siap dari sekarang, karena kita melihat laju peningkatan kasus di Riau ini tidak terkendali," tuturnya.(dre/ppg)