Hamzah: Belum Ada Tanda-tanda Serapan APBD Berjalan


riaupotenza.com

BAGANSIAPIAPI (RPZ)- Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Hamzah SHi MM melihat pemerintah daerah terkesan lambat terhadap serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Tapi saya melihat belum adanya tanda-tanda serapan APBD itu berjalan," ucap Hamzah SHi MM, singkat.

Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini menyebutkan, bahwa pihaknya lembaga legislatif melihat pemerintah daerah lambat terhadap serapan APBD 2021, padahal APBD tersebut telah disahkan beberapa bulan lalu.

"Kami melihat pemerintah lambat terhadap serapan ABPD 2021 pasca disahkan APBD pada beberapa bulan yang lalu," kata Hamzah.

Mantan Ketua PGRI Balai Jaya ini juga mengatakan, bahwa sesuai administrasi APBD sudah selesai, namun sampai dimana progres nya dirinya mengaku belum memantau atau mengetahui secara pasti.

"Setahu saya adminitrasi terkait APBD sudah selesai, tapi sampai dimana tahap proses serapan kita belum pantau. Kita berbicara atas fungsi DPRD adalah pengawasan terhadap pembangunan dari pemerintah itu sendiri," tegas Hamzah lagi.

Mengingat banyak orang yang mengharapkan APBD segera terealisasi menjelang lebaran ini, khususnya terkait gaji, dirinya mendesak pemerintah segera melaksanakan tupoksi masing-masing dalam rangka penyerapan anggaran tersebut.

"Jadi kami mendesak pemerintah, segeralah laksanakan tupoksi masing-masing dalam rangka penyerapan anggaran kita jangan diperlambat," tukasnya.

Hal ini ditegaskan Hamzah, sejalan dengan statement Presiden RI Ir Joko Widodo belum lama ini, bahwa presiden mulai kesal dengan beberapa kabupaten kota yang laamban menjalankan serapan anggaran.

"Sementara kita tau beberapa hari yang lalu, pak presiden kita sudah mulai kesal terhadap beberapa kabupaten kota yang lambat menjalan serapan anggaran. Bahkan ada kurang lebih 182 Triliun anggaran yang belum berjalan, mungkin Rohil salah satunya," pungkasnya. iin