Cegah Pencurian, Dispersip Siagakan Sekuriti di Gedung Pustaka Daerah


riaupotenza.com
Perpustakaan daerah Kuansing yang selesai dibangun cukup megah.

KUANSING (RPZ) - Proyek pekerjaan pembangunan gedung Pustaka Daerah Kuansing rampung. Pembangunannya menelan waktu selama dua tahun. Namun hingga kini belum juga dimanfaatkan.

"Iya belum digunakan. Termasuk peresmian belum ditentukan," kata Kadis Perpustakaan Dan Kearsipan Kuansing, Marwan, kepada wartawan kemarin.

Menurut Marwan, ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum benar-benar dipakai.

Pertama katanya, pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tengah melihat hal-hal yang masih perlu perbaikan dan pemeliharaan.

"Jadi kini sedang melihat mana-mana yang perlu diperbaiki dan ditambah," katanya.

Pasalnya mereka baru menerima asset dari Bupati setelah Bupati menerimanya dari Dinas PUPR.

"Tapi penyerahan aset ke kami juga belum dengan rincian per aset, namun dalam bentuk gelondongan. Maka sebelum digunakan kami data juga dulu sambil melihat mana yang kurang atau perlu ditambah," katanya.

Kedua, masalah SDM pengelola pustaka dan gedung. Kata Marwan, gedung perpustakaan daerah cukup besar tentu membutuhkan banyak SDM mengurusnya. Mulai dari sekuriti, cleaning service, pengelola pustaka dan unsur lain pengelola gedung seperti petugas elektrikal.

Lalu lanjutnya masalah buku dan sarana pendukung sarana pustaka lainnya yang perlu dilengkapi seperti kursi, meja dan lainnya.

"Untuk sementara buku, kursi dan meja dipustaka lama akan dimanfaatkan terlebih dahulu," ujarnya.

"Masih banyak yang perlu dibenahi," katanya.

Saat ini kata Marwan, mereka fokus mengamankan asset yang ada dalam gedung Pustaka pasca diserahkan agar tidak terjadi perusakan atau pencurian aset.

"Kita tempatkan securiti untuk menjaga aset," ujarnya.

Mengingat kondisi di sekitar gedung cukup sepi dan rawan tindakan pencurian dirinya akan berkoordinasi dengan pimpinan untuk menempatkan Satpol PP membantu sekuriti mengamankan asset daerah itu dari tangan-tangan jahil.(cil)