DPRD Kampar Sahkan APBD Kampar Sebanyak 2.348 Triliun


riaupotenza.com
Ketua DPRD Kampar Tandatangani Pengesahan APBD 2021

BANGKINANG (Riaupotenza.com) - Setelah dilakukan berbagai macam pembahasan, mulai dari Badan Musyawarah (Banmus) sampai Pembahasan Badan Anggaran (Banggar). Akhirnya, melalui rapat paripurna yang digelar pada Senin (30/11) malam DPRD mengesahkan APBD Kampar tahun 2021 di angka Rp 2,348 Triliun.

Ketukan palu Ketua DPRD Kabupaten Kampar Muhammad Faisal pada rapat paripurna malam itu membuktikan bahwa pemerintah telah sah menggunakan anggaran sesuai dengan pembahasan. 

Muhammad Faisal yang memimpin rapat paripurna didampingi tiga orang unsur pimpinan lainnya atau Wakil Ketua Tony Hidayat, Repol dan H Fahmil. 

Turut hadir dalam rapat paripurna pengesahan ini Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto Datuk Rajo Batuah, Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar H Yusri dan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan puluhan anggota DPRD Kabupaten Kampar.

Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto dalam pidatonya sebelum pengambilan keputusan pengesahan menyampaikan struktur APBD Kampar dimana pendapatan daerah sebesar Rp2,348 Triliun, terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp252,157 miliar, pendapatan transfer sebesar Rp2,096 triliun dan belanja daerah Kabupaten Kampar diperkirakan Rp2,04 triliun lebih yang dialokasikan untuk belanja operasi belanja modal dan belanja tak terduga. Kebijakan belanja daerah diantaranya dengan memperhatikan alokasi pengggaran bencana nasional non alam dan lainnya.

Catur meminta kepala OPD segera melakukan persiapan administrasi dan teknis sehingga setelah dilakukan verifikasi oleh pemerintah provinsi maka ini dapat segera dilaksanakan untuk kepentingan pembangunan dan kemasyarakatan  Ia mengingatkan kepada kepala OPD terkait dengan pengelolaan belanja daerah agar melaksanakannya secara efektif, efisien dan bertanggungjawab tanpa mengurangi kualitas pekerjaan dengan memperhatikan azas keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masayarakat.

"Program dan kegiatan yang tertuang dalam APBD diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi dan kondisi Kabupaten Kampar saat ini," kata Catur.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Kampar, M Faisal menyampaikan, APBD Kampar 2021 ini diharapkan memberikan manfaat yang setinggi-tingginya untuk masyarakat Kabupaten Kampar. Meskipun masih ditengah pandemi. Ia berharap Pemkab Kampar tetap serius memperhatikan upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. 

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Kampar itu juga mengungkapkan, berkat komunikasi yang terjalin baik antara eksekutif dengan legislatif, pengesahan APBD Kampar bisa dicapai sesuai dengan target waktu yang ditentukan. adv/aaz