Septina Sabar Tunggu SK Mendagri


riaupotenza.com
Septina Primawati

PEKANBARU (RPZ)-Sesuai informasi, SK Sepetina Primawati Rusli jabat ketua DPRD Riau sudah ditanda tangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Sehingga pelantikan Septina tinggal penjadwalan setelah dikirim Kemendagri kepada Pemerintahan Provinsi Riau.

Menurut Asisten I Amhmad Syah Harrofi, penjadwalan pelantikan tersebut menunggu keputusan Kemendagri. Dimana hingga kini Pemprov Riau belum ada menerima salinan SK tersebut dari Kemendagri yang beberapa pekan sebelumnya telah diajukan.

Sedangkan terkait isu sudah ditandatangani oleh Kemendagri, ia belum bisa memberikan kepastian, sebab sebelumnya surat resmi belum diterima Pemprov Riau.

"Hingga kini belum ada kejelasan. Yang pasti kalau sudah ada dikirim akan langsung disampaikan kepada DPRD Riau," kata Ahmad Syah.

Sementara Gubernur Riau selaku Ketua DPD I Golkar Riau, sebelumnya menyampaikan jika pelantikan ketua DPRD Riau tergantung proses di Kemendagri. Dimana saat ini masih dalam proses administarsi. Sehingga keputusannya tetap menunggu rekomendasi Kemendagri.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo. Dikatakanya, penjadwalan pelantikan Ketua DPRD Riau tergantung surat rekomendasi dan SK yang dikeluarkan Kemendagri. Jika SK itu cepat dikeluarkan maka pelantikan juga bisa segera dilaksanakan. Apa lagi pengisian Ketua DPRD ini sudah lama diintruksikan.

"Kuncinya pada rekomendasi kemendagri. Jika hari ini ada bisa saja minggu depan dilaksanakan," kata Sunaryo.

Terkait informasi SK sudah ditandatangani Mendagri, Sunaryo mengatakan, itu bisa saja dibenarkan. Tapi belum bisa dipastikan karena belum disampaikan kepada pemerintahan Riau. Sehingga proses pelantikan belum bisa dibahas.

"Kita bisa saja mengkoordinasikan dengan Kemendagri, tapi tidak boleh begitu karena untuk hal ini sudah ada aturan dan mekanisemenya yang harus dijalani," tuturnya.

Disisi lain, Septina Primawati Rusli mangaku bersyukur dengan adanya informasi SK sudah ditandatangani Mendagri. Kendati demikian, ia tetap menyerahkan kepada Bamus selaku pengurusan terkait Ketua DPRD Riau ini. Sehingga ke depanya ia menunggu kapan dijadwalkan dilantik menjabat Ketua DPRD Riau.

Selain itu katanya, proses administrasi yang dikabarkan sudah ditandatangani Mendagri, tidak lupa dari dukungan rekan-rekannya di Dewan dan seluruh pihak yang membantu. Dengan harapan SK tersebut segera disampaikan Kemendagri ke Riau.

"Yang jelas saat ini kita tunggu saja proses Kemendagri itu. Mudah-mudahan segera dikirimkan," tutur anggota Komisi E DPRD Riau ini berharap tidak ada politisasi lagi.(dre)