Tertibkan Bongkar Muat, Ini Janji Pemko


riaupotenza.com

PEKANBARU (RPZ)-Aktifitas bongkar muat barang yang berada di Jalan Tuanku Tambusai dari tahun ke tahun tidak kunjung ada perubahan. Bahkan, aktifitas yang sudah dimulai dari pukul 22.00 WIB ini sering menimbulkan kemacetan hingga pagi lantaran terjadinya penyempitan diruas jalan akibat banyaknya mobil dan truk yang melakukan bongkar muat sayuran dan lain sebagainya.

"Dari dulu katanya mau ditertibkan, tapi sampai sekarang tak kunjung ada perubahan. Harusnya Pemerintah Kota Pekanbaru ini cepat tanggap untuk segera menertibkan para Pedagang yang berkerumunan di sekitar Pasar Cik Puan," kata Susi (35) warga Sukajadi, Kamis (8/9).

Menanggapi banyaknya keluhan dari masyarakat, Asisten I Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Drs Azwan MSi mengatakan dalam waktu dekat merencanakan akan menertibkan aktivitas bongkar muat barang di sepanjang ruas jalan itu.

"Kegiatan bongkar muat barang di jalan Tuanku Tambusai sudah kian tidak terkendali bahkan sudah tidak mengingat waktu lagi. Akibatnya ruas jalan yang sempit menjadi macet dan mengganggu kelancaran lalu lintas," kata Azwan kepada Pekanbaru Pos.
Ditambahkan mantan Sekda Kampar, ini aktivitas bongkar muat barang itu akan dialihkan ke terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) menjelang pembangunan pasar induk selesai. "Kita akan coba arahkan ke terminal AKAP supaya tidak mengganggu kelancaran lalu lintas," ungkapnya.

Azwan juga mengakui, Pemko sudah terlalu banyak menerima pengaduan masyarakat terkait gangguan aktivitas bongkar muat barang di jalan Tuanku Tambusai.
"Kalau sama kita sudah banyak sekali pengaduan yang masuk, mulai dari mengganggu kelancaran lalu lintas sampai mengganggu ketertiban. Bahkan fungsi jalan sudah berubah menjadi pasar pada pagi hari,’’ ungkapnya.

Mantan Kepala Disperindag Kota Pekanbaru mengatakan, menjelang relokasi dimulai, Pemko Pekanbaru akan melakukan sosialisasi kepada pemilik tempat usaha yang kerap melakukan aktivitas bongkar muat barang di lokasi itu.

"Akan kita sosialisasikan dulu sebelum penertiban dilakukan. Yang jelas kita akan komit, pindahkan aktifitas bongkar muat pedagang yang berada di jalan Tuanku Tambusai ke Pasar Induk," tutur lagi.(c/kho)