DRAF RUU Penyelenggaraan Pemilu Menolak Caleg Artis


RIAUPOTENZA.COM - Pemerintah memperketat persyaratan pencalonan anggota legislatif. Pemerintah punya semangat memperkuat peran partai politik, memperbaiki kualitas anggota legislatif, sekaligus mencegah maraknya fenomena politisi yang dengan gampang pindah partai alias kutu loncat.

Selain itu, juga menekan jumlah anggota legislatif yang sebelumnya tidak punya latar belakang sebagai politisi, tidak punya bekal kemampuan sebagai wakil rakyat. Katakanlah kalangan artis yang tidak bisa lagi dengan mudah menjadi caleg. Saat ini ada beberapa anggota DPR dari kalangan artis, yang kiprahnya lebih banyak menonjol di televisi, dibanding di Senayan.

Para artis anggota DPR yang wajahnya lebih sering nongol di televisi dalam acara yang tidak terkait dengan tugasnya sebagai wakil rakyat, karena tidak matang pendidikan politiknya. Pemilu 2019 mendatang, fenomena itu akan ditekan. Caranya, untuk bisa menjadi caleg, seseorang harus sudah mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol tertentu selama satu tahun terakhir. Setidaknya itulah usulan dalam RUU Pemilu.***