Geram Mendengar Ulah Bawahan

Firdaus Minta Pecat THL Bermental Calo


riaupotenza.com
H. Firdaus S.T., M.T

PEKANBARU (RPZ)-TERKUAKNYA Oknum Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemko Pekanbaru yang dengan berani menjadi calo ternyata sampai ke telingan Wali Kota Dr H Firdaus ST MT. Bahkan, dengan wajah memerah dan kening yang mengerut. Orang nomor satu di Pekanbaru ini meminta agar THL yang menjadi calo ini segera dipecat!

"Saya sudah perintahkan pecat oknum THL-nya. Mental THL itu tidak boleh seperti itu. Saya saja yang kepala daerah tidak bisa memasukan anak saya menjadi PNS. Ini seorang oknum THL berani menjanjikan bisa memasukan bekerja di SKPD," tegas Wako, Kamis (18/8) di kantor Walikota.

Menurut Firdaus, oknum THL yang berani meminta imbalan dengan mengiming-imingi bisa mempekerjakan seseorang bekerja di SKPD, biasanya menjalankan aksinya sendiri.

Bahkan, Wako pun dengan lantang mengatakan sudah pernah melakukan pemecatan kepada pejabat struktural yang kedapatan menjadi calo THL.

"Ini karena si oknum ketahuan sama media saja. Belum lama ini saya sudah pecat kok pejabat struktural yang tidak terbongkar media. Tapi untuk inisial saya tak akan menyebutkan," kata Firdaus sambil tertawa kecil.

Firdaus mengimbau kepada masyarakat Pekanbaru untuk tidak percaya jika ada oknum pejabat atau pagawai yang menjanjikan bisa memasukan anak atau saudaranya menjadi pegawai di lingkungan Pemko Pekanbaru.

"Jangan percaya calo. Kalau ada yang mengiming-imingi anaknya bisa bekerja di Pemko Pekanbaru tidak ada itu. Omong kosong,’’ ungkap Firdaus tegas.

Meski diakuinya Pemko masih kekurangan THL, namun tidak semua SKPD memerlukan. Firdaus menyebut, beberapa SKPD yang membutuhkan, diantaranya Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBD Damkar), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Pekanbaru.

"Dari tahun 2015 lalu kita memang sudah mengajukan penambahan THL, tapi hanya untuk SKPD yang disebutkan tadi. Tapi karena tidak ada izin dari Pemerintah Pusat, maka kami tidak jadi rekrut," ungkapnya.

Firdaus kembali menambahkan, THL yang resmi dan dipekerjakan di SKPD dengan sistem kontrak hanya dibayarkan perkegiatan. ‘’THL itu hanya diterima berdasarkan kegiatan, tidak ada kaitannya dengan pemko. Kalau ada kegiatan dan bisa mengeluarkan honor, ya silahkan. Tapi THL yang resmi dan dikontrak Pemko itu hanya di BPBD Damkar, Satpol-PP dan Dishub Pekanbaru,’’ tuturnya.(kho)