Lima Fraksi Segera Bentuk Pansus

Hak Angket Ancam Posisi Gubri


riaupotenza.com
Ilustrasi

PEKANBARU KOTA (RPZ)-Setelah melalui beberapa kali pembahasan di rapat paripurna, akhirnya DPRD Riau menyetujui usulan hak angket penuntasan kegaduhan pembayaran hutang eskalasi sebesar Rp220 miliar, Rabu (10/8) sore. Diterimanya usulan ini akan mengancam posisi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman selaku pembuat kebijakan.

Dari 8 fraksi di DPRD Riau, 5 fraksi menyatakan setuju menerima usulan hak angket ini. Kelima fraksi itu, F-PDI Perjuangan, F-Gerindra Sejahtera, F-PPP, Fraksi NasDem-Hanura. Sedangkan Fraksi Demokrat masih menunggu kelengkapan syarat dari pengusul yang dinilai masih kurang. Dua fraksi lagi, F-PAN dan F-Golkar menyatakan menolak melanjutkan usulan hak angket ini.

Sekretaris Komisi A DPRD Riau Suhardiman Ambi mengatakan, jika Gubri tidak bisa memberikan penjelasan dengan baik terkait pembayaran hutang eskalasi itu, posisinya akan berbahaya masuk ke ranah hukum.

"Ini (eskalasi,red) bukan persoalan main-main. Gubernur bisa lengser dari jabatannya,’’ kata Suhardiman. Penggunaan hak angket ini merupakan hak penyelidikan yang dilakukan DPRD. ‘’Penggunaan hak angket ini sudah melalui pengkajian dan koordinasi lintas fraksi di DRPD Riau. Dalam waktu dekat segera dibentuk pansus dari kelima fraksi yang telah menyetujui,’’ kata salah seorang Anggota F-PDI Perjuangan Sugeng Pranoto.

Senada ditambahkan, Anggota Fraksi Hanura Muhammad Adil. “Kedepannya masih ada rapat paripurna yaitu agenda jawaban tim pengusul dan pengambilan persetujuan hak angket. Jika semua itu tiuntas maka kita akan segera melaksanakan penyelidikan dengan membentuk pansus,” jelasnya.

Disisi lain, Anggota Komisi D DPRD Riau Asri Auzar yang juga salah satu inisiator pengusul hak angket menjelaskan, “Mudah-mudahan dengan disetujuinya hak angket ini, semua kegaduhan dan kecurigaan proses pembayaran hutang eskalasi menemukan jalan keluar dan mendapat titik terang. Sehingga kedepanya tidak ada lagi rasa kecuriga antar satu sama lain,’’ ujar Auzar.(dre/rpz)