Gubri Resmikan dan Canangkan Pulau Zakat di Pulau Terluar Provinsi Riau


riaupotenza.com

PELALAWAN (RPZ)- Lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pulau Mendol, Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan.
Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar resmikan Gedung Pendidikan Pondok Pesantren Al-Hidayah yang dibangun Baznas Provinsi Riau bekerjasama dengan Baznas Pelalawan, serta Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Ahad (5/8).

Kehadiran Gubri Syamsuar juga disambut lansung oleh Ketua Baznas Provinsi Riau Dr Saidul Amin, Bupati Pelalawan, Pimpinan DPRD, Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat tempatan.

Dalam sambutanya, Gubri H Syamsuar menyampaikan, dengan diresmikannya pondok pesatren tersebut, masyarakat bisa  memamfaatkan dengan baik untuk mendidik anak-anak menjadi anak-anak yang hafidzh al Qur'an.

"Mari kita didik anak-anak kita menjadi hafidzh dan hafidzah dan menciptakan generasi robbani. Dimana semua ini juga akan menjadi amal jariah dari ilmu yang bermanfaat yang nanti disebarkan oleh anak-anak kita dimasa aman datang," ujar Gubri.

Selain itu, Gubri juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus berwakaf, apalagi Pemprov Riau beberapa waktu lalu telah dicanangkan sebagai Zona Ekonomi Syariah, yang salah satu bagian dari fokus perhatiannya adalah pada peningkatan wakaf, zakat dan sedekah.

"Apa yang ada dalam perkembangan ekonomi syariah ini adalah wakaf, zakat dan sedekah. Menggerakkan zakat ini bukan hal yang sederhana. Jika orang-orang kaya membayarkan zakatnya melalui lembaga-lembaga seperti Baznas ini, akan banyak kegitan pembangunan yang bisa dilaksanakan," tutur Gubri.

Sementara Ketua Baznas Provinsi Riau Dr Saidul Amin, menyampaikan jika  pembangunan pondok pesantren di Pulau Mendol ini berawal dari kegelisahan Gubri  Syamsuar terhadap pendidikan di pulau-pulau terluar Provinsi Riau. Kegelisahan itu muncul karena banyak daerah terluar sering menjadi pintu masuk peredaran narkoba. Karena itu kemudian muncul lah program Pulau Zakat yang saat ini dilaksanakan di Pulau Mendol Kab Pelalawan dan Rupat Utara di Kab Bengkalis.

"Dari beberapa kali diskusi intens dengan Pak Gubri tentang pendidikan di pulau-pulau terluar Provinsi Riau yang rentan dengan peredaran narkoba, maka dicetuskanlah ide program Pulau Zakat ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur dan Bupati Pelalawan yang telah banyak membantu hingga terwujudnya tempat ini," paparnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Pelalawan H Zukri Misran. Dimana ia juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan Pemprov Riau yang melaksanakan program wakaf di Kecamatan Kuala Kampar ini.

Dengan adanya program ini, menurutnya akan meningkatkan kualitas pendidikan dan ketakwaan anak-anak di sini. Tak lupa beliau juga berharap agar kedepannya perusahaan-perusahaan yang ada di daerah ini dapat pula turut andil dalam program wakaf produktif ini.

"Kami yakin Pak Gubernur memiliki kepedulian kepada masyarakat. Untuk itu, kami do'akan Pak Gubernur sehat selalu, aamiin. Kami berharap ke depannya Pak Gubernur juga mau membantu mendorong perusahaan-perusahaan yang ada di Riau, khususnya di Kabupaten Pelalawan untuk turut berwakaf melalui Baznas, agar semakin banyak kegiatan-kegiatan produktif bisa dilaksanakan," Ujar Zukri.(dre)