Kapolres: Penghuluan Jangan  Sembarangan Terbitkan Surat Tanah


riaupotenza.com
Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto SH. SIK. Zulkifli

KUBU (RPZ)- Kebakaran lahan di Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir mendapat perhatian serius dari Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto SH.SIK.

Kapolres  telah menerjukan personil Polres Rohil dilokasi kebakaran untuk beck-up petugas lainnya bersama-sama melakukan pemadaman dititik lokasi kebakaran.

Kapolres juga mengingatkan para Datuk Penghulu di Rokan Hilir agar tidak sembarangan menerbitkan surat tanah pada lahan kosong yang dapat menjadi alasan pembenaran untuk masyarakat buka lahan dengan cara dibakar.

"Kita himbau kepada Datuk Penghulu untuk tidak sembarangan menerbitkan surat tanah khususnya dilokasi lahan kosong," kata Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto SH.SIK saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (22/7/2021) melalui pesan singkat Wahts Appnya.

Dikatakan Kapolres, dalam melakukan pemadaman karlahut di Kubu telah dilakukan Full Back-Up tingkat Kabupaten terdiri dari Polres, Kodim 0321 Rohil dan BPBD. "Pemadaman dan pendinginan masih terus kita lakukan," ujarnya.

Menurut Kapolres, Polres Rohil belum ada menetapkan tersangka terkait kebakaran lahan di Kubu. "Tersangka sementara belum ada masih dalam lidik, kita kesulitan disaksi, ngak ada yang melihat sebab kebakaran," ujarnya.

Masih kata Kapolres, bahwa saat ini sudah memasuki musim panas, selain itu masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang belum mereda. Diminta kepada masyarakat, pengusaha untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Sekarang sudah musim panas, jangan ada yang membuka lahan untuk pertanian dengan cara dibakar. Dan apabila ada yang melihat lahan kosong dibersihkan dengan  cara dibakar segera menghubungi layanan 110 Polri pasti segera ditindak lanjuti," pungkasnya. Zul.