42 ASN Ikuti Bimtek dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah


riaupotenza.com
Pelaksanaan Bimtek dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Ballroom GMH, Selatpanjang, Rabu (7/4/2021).

MERANTI (RPZ) - Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti bekerjasama dengan Pusat Diklat Nasional (Pusdiklatnas) menggelar bimbingan teknis dan ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah.

Acara tersebut dilaksanakan di Ballroom Grand Meranti Hotel dan dihadiri oleh Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 42 peserta yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi dan verifikasi data.

Kegiatan ini akan diselenggarakan selama empat hari. Dimulai pertanggal 7 April s/d 10 April 2021. Dimana hari pertama sampai dengan hari ke tiga akan dilaksanakan pembekalan materi tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan pada hari ke empat akan dilaksanakan Ujian Sertifikasi Berbasis Online (CAT).

Terlihat, Asisten II Setdakab Kepulauan Meranti, Drs H Asrorudin didampingi Kepala BPBJ Setdakab Meranti, Janefi Meza AMp membuka secara resmi kegiatan bimtek dan ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa tersebut.

Dalam laporan panitia pelaksana kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Kepulauan Meranti, dasar pelaksanaan kegiatan yakni Peraturan Presiden nomor 12 tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa pemerintah. 

Dijabarkannya, dilaksanakannya kegiatan bertujuan memberikan pemahaman mengenai gambaran umum dunia pengadaan, prinsip-prinsip dasar kebijakan umum pengendalian dan pengawasan pelaksanaan pengadaan barang/jasa.

Meningkatkan kemampuan dalam memahami prosedur serta meningkatkan kualitas pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah yang akan digunakan sebagai acuan dalam setiap proses pengadaan barang/jasa pemerintah secara menyeluruh.

"Semoga dengan terlaksananya kegiatan diklat dan ujian sertifikasi ini dapat meningkatkan pengetahuan yang nantinya dapat menunjang pelaksanaan tugas dan jabatan sebagai pengelola pengadaan barang/jasa pemerintah secara professional dan beretika," harap Janefi.

Sementara itu Asisten II Setdakab Kepulauan Meranti Drs H Asrorudin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Kepulauan Meranti yang terus berupaya melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas program pelatihan kepada para peserta, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan kemampuan dan profesionalisme sumber daya manusia dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa Pemerintah dengan transparan, efektif dan efisien.

Menurutnya pengadaan barang/jasa pemerintah harus dilakukan secara efektif dan efisien, oleh karena itu dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi, hal tersebut dibuktikan dengan adanya sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa.

Dengan adanya tenaga-tenaga bersertifikat pengadaan barang/jasa di setiap OPD bisa lebih efektif dan efisien dengan tetap berpijak pada regulasi yang telah ditetapkan dan selalu menekankan prinsip persaingan yang sehat, transparan dan adil bagi semua pihak.

"Secara khusus saya menyambut baik diadakannya kegiatan diklat dan ujian sertifikasi barang/jasa pemerintah ini agar ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki kompetensi serta keahlian yang dibutuhkan sehingga dapat melaksanakan tugas secara profesional di bidang Pengadaan Barang/Jasa," paparnya.

Dijelaskannya, sertifikat ini juga merupakan salah satu persyaratan seseorang untuk dapat menjadi Pengguna Anggaran atau Kuasa Pengguna Anggaran atau Kelompok Kerja Pemilihan/Pejabat Pengadaan dan diharapkan nantinya dengan meningkatnya kemampuan dalam bidang pengadaan barang/jasa maka instansi dapat melaksanakan kewajibannya untuk melayani masyarakat secara efektif dan efesien dengan tetap menekankan prinsip-prinsip persaingan yang sehat, transparan, terbuka dan memperlakukan secara adil bagi semua pihak sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan baik dari segi fisik, keuangan maupun manfaatnya.

"Mengingat begitu pentingnya kegiatan pembekalan dan ujian sertifikasi keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah ini, saya mengimbau agar seluruh peserta dapat mengikuti pembekalan ini dengan serius dan dapat lulus ujian sertifikasi barang/jasa sebagai bentuk tanggung jawab atas pekerjaan dan jabatan yang diemban nantinya," ingatnya.

Diakhir sambutannya, Asrorudin kembali mengajak para peserta untuk mengikuti semua materi secara maksimal sehingga bimtek dan ujian yang diikuti dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan bersama.

"Untuk itu kepada semua peserta, saya sangat berharap agar kesempatan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya saya juga berharap khususnya kepada para Instruktur/Pemateri untuk dapat menyampaikan materi pelatihan dengan maksimal agar apa yang disampaikan  dapat dimengerti, dipahami dan diterapkan di instansi tempat para peserta bertugas guna menunjang proses pengadaan barang/jasa, tak lupa besar harapan saya agar seluruh peserta yang mengikuti ujian sertifikasi ini dapat lulus 100 persen," tutupnya. (Dam)