Jaksa Main Proyek, Ditindak Tegas!

ASN tak Perlu Takut Melaksanakan Kegiatan


riaupotenza.com
Wakajati Riau Daru Tri Sadono MHum

KUANSING (RPZ) -- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Dr Jaja Subagja MH diwakili  Wakajati Daru Tri Sadono MHum mengatakan untuk percepatan kegiatan Pemkab Kuansing 2021, institusi Kejaksaan diminta untuk melakukan pendampingan dan pengawalan dalam setiap kegiatan.

"Supaya PPK dan PA dan sebagainya tidak merasa khawatir dan takut dalam melaksanakan pekerjaaannya," ungkap Wakajati Riau Daru Tri Sadono MHum saat menjadi pembicara di rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Daerah 2021 di pendopo Rumdis Bupati Kuansing, Senin (5/4).

Menurutnya, dengan diberikan pendampingan dan pengawalan dari jaksa pengacara negara akan memberikan arah yang jelas supaya jangan sampai menyimpang dari regulasi yang ada.

"Tapi biasanya regulasi itu akan berganti seiring dengan bergantinya rezim," ungkapnya.

Daru menyampaikan semua dapat diatasi bersama, jika semua hal yang berkaitan dengan pembangunan dikoordinasikan oleh pihak Pemkab dan Kejaksaan. 

"Nah itu memerlukam kerjasama dan komunikasi antara Pemkab dan Kejaksaan," ujarnya.

Terlebih, lanjut Daru, jika sinergitas dan kerjasama sudah terbangun antara eksekutif dan yudikatif maka percepatan pembangunan akan terwujud di Kabupaten Kuantan Singingi.

"Makanya ketakutan ASN karena mereka belum faham betul harus bertindak seperti apa. Kalau sudah faham rambu-rambu, tak perlu takut," katanya.

"Insya Allah dengan pendampingan dan pengawalan dari teman-teman Kejaksaan, akan membantu ASN dalam melakukan tugasnya. Jadi tak perlu takut dan khawatir lagi," katanya.

Ia pun menegaskan ada sanksi tegas terhadap oknum kejaksaan yang melakukan penyimpangan seperti bermain proyek atau mengganggu proyek.

"Jika ada oknum jaksa, kami pastikan akan ditindak tegas sesuai dengan SOP yang ada," tegasnya.

Daru membeberkan bahwa Kejati Riau telah mengirim surat kepada gubernur, bupati dan walikota yang intinya akan memberikan satu jaminan bahwa Kejaksaan tidak akan mencampuri dalam kegiatan-kegiatan proyek apapun.

"Sehingga kalau ada oknum Kejaksaan masih bermain proyek, kami pastikan akan ditindak tegas," ungkapnya.

Acara ditutup dengan penandatangan kerja sama antara pihak Pemkab dengan Kejari Kuansing. Turut hadiri Bupati Kuansing Drs Mursini, Sekretaris Daerah Dr Dianto Mampanini dan seluruh kepala OPD.

Sedangkan Forkopimda selain Kajari Kuansing Hadiman MH, hadir juga Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto SIK MM, Perwira Penghubung Kodim, Ketua Pengadilan Negeri dan lain-lain.(cil)