Jangan Urus Adminduk Saat Diperlukan


riaupotenza.com
H Refendi Zukman

KUANSING (RPZ)- Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Kuansing H Refendi Zukman SSos MSi meminta masyarakat jangan mengurus administrasi kependudukan saat diperlukan.

"Rata-rata masyarakat kita ini mengurus adminduk saat diperlukan. Sehingga cenderung mendesak. Maka jika ada perubahan data kependudukan, segera datangi Disdukcapil," ungkap Refendi saat MoU dengan Kemenag Kuansing akhir pekan lalu.

Dalam kegiatan itu, Disdukcapil dengan Kemenag Kuansing menandatangani MoU tentang inovasi pelayanan administrasi kependudukan bagi calon pengantin baru di Kuansing.

"Alhamdulillah terwujud. Awalnya hanya pembicaraan di kedai kopi. Yang penting masyarakat lebih mudah dalam pelayanan nikah dan mendapatkan adminduknya," ujarnya.

Program tersebut kata H Refendi, secara umum berjalan lancar serta tidak ada kendala. Meski proses pembuatan administrasi kependudukan membutuhkan waktu satu hari.

"Sebelum menikah, KUA mangambil bahan adminduknya untuk diproses di kantor. Nanti diserahkan saat pesta nikah," katanya.

Ia berharap dengan program ini, warga yang menikah di Kuansing langsung dapat dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

"Layanan ini memberikan kemudahan terhadap pasangan pengantin baru yang sama-sama berasal dari Kuansing," ungkapnya.

Inovasi pelayanan tersebut katanya, setiap pasangan yang baru menikah langsung mendapatkan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) baru begitu proses ijab kabul selesai dilaksanakan.

"e-KTP dan KK baru langsung bisa diberikan ke pengantin tanpa harus repot mengurusnya dan menunggu lama," katanya.(cil)