Meningkatkan Pelayanan Prima kepada Masyarakat

Kemenag Kuansing Teken MoU dengan Empat Instansi


riaupotenza.com
Kementerian Agama Kabupaten Kuansing melakukan penandatanganan MoU dengan empat instansi, salah satunya Disdukcapil Kuansing di aula Kemenag Kuansing, Jumat (5/3).

KUANSING (RPZ)--Dalam rangka meningkatkan sinergitas untuk mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan empat instansi di aula Kemenag Kuansing, Jumat (5/3).

Keempat instansi tersebut, Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Kuansing, Dinas Kominfo dan Persandian Kuansing, Universitas Islam Kuansing (Uniks) dan Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.

Penandatangan MoU tersebut dilakukan oleh Kepala Kemenag Kuansing Drs H Jisman MA, Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Suska Dr H M Ridwan Hasdi Lc MA, Resktor Uniks Ir Hj Epi Indrawarnis MM, Kadisdukcapil Kuansing H Refendi Zukman, Kadis Kominfo Kuansing Ir H Samsir Alam.

Kepala Kemenag Kuansing Drs H Jisman menyampaikan Kemenag Kuansing senantiasa terbuka menjalin kerjasama dengan berbagai stake holders, terutama dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Intinya kerjasama ini untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat," katanya.

Jisman melanjutkan bahwa implementasi MoU tersebut sesuai dengan bidang kerja masing-masing mitra. Misalnya dengan Fakultas Ushuluddin UIN Suska yang secara otomatis memiliki ikatan karena berada di satu payung kementerian yang sama.

"Kita berharap para dosen yang memiliki pengetahuan lebih berbagi ilmu dengan rekan di daerah terutama dengan penyuluh agama Islam," ungkap Jisman.

"Kami berharap para penyuluh mampu menyajikan dakwah di masyarakat dengan baik seiring dengan meningkatkan kompetensi keilmuwan agama mereka," ujarnya.

Sementara dengan Uniks kata Jisman, untuk peningkatan kompetensi para guru madrasah di Kuansing yang jumlahnya mencapai 3000an. Terutama dalam hal tulis menulis, penelitian dan penerbitan jurnal.

"Sehingga mereka mudah memenuhi syarat-syarat formil untuk naik pangkat dan golongan," tuturnya.

Masih kata Jisman, kerjasama dengan Disdukcapil sebetulnya sudah terjalin dua bulan terakhir. Yakni dalam mempermudah para pengantin baru untuk memperoleh administrasi kependudukan.

"Bagaimana pengantin baru memperoleh adminduk, seperti KK dan KTP masing-masing usai menikah. Intinya, memberikan layanan prima kepada masyarakat," ungkapnya.

Sementara kerjasama dengan Dinas Kominfo dan Persandian Kuansing kata Jisman, bahwa Dinas Kominfo mempunyai Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) berupa radio Kuansing FM sebagai sarana publikasi kepada masyarakat. Terutama untuk menegakkan siar Islam.

"Kapasitas penyuluhannya dibangun UIN Suska dan pelaksanaannya dibantu Kominfo untuk mempublikasikan kepada masyarakat," ungkapnya.(cil)