Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Kecamatan Benai

Keuangan Terbatas, Pembanguan Daerah Tersendat


riaupotenza.com
Bupati Kuansing Drs H Mursini membuka Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan Benai, Kamis (4/3).

KUANSING (RPZ) -- Bupati Kuansing Drs H Mursini membuka secara resmi Musyawarah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten di Kecamatan Benai Tahun 2021, Kamis (4/3).

Acara yang digelar di aula Kecamatan Benai tersebut digelar secara terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan.

Bupati Mursini mengatakan Musrembang RKPD kabupaten tahun ini agak berbeda, tidak seperti tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pandemi virus corona, sehingga harus memperhatikan protokol kesehatan.

"Rencanaya akan virtual, namun kita lakukan tatap muka tapi terbatas. Bertujuan untuk menjalin silaturahmi," kata Bupati.

Penerapan protokol kesehatan katanya, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Seperti menjaga jarak, pakai masker dan selalu mencuci tangan dengan sabun.

"Kita berharap kita terhindar dari virus ini dengan memperhatikan protokol kesehatan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mursini juga meminta maaf kepada masyarakat karena aspirasi warga mulai sektor infrastruktur, ekonomi, kesehatan dan pendidikan banyak yang belum terpenuhi. 

"Terbatasnya kondisi keuangan sehingga semua tak bisa dilaksanakan. Makanya kami mohon maaf," katanya.

Menurutnya, kondisi daerah tahun ini hampir sama dengan tahun 2020 lalu. Apalagi keuangan daerah terdapat pemotongan dari pusat sekira Rp200 miliar. Maka pemerintah pun harus melakukan rasionalisasi dan refocusing anggaran.

"Makanya tahun lalu tak ada satu ruas jalan pun yang dibangun. Termasuk pembangunan kantor desa. Itu semua karena keterbatasan anggaran," katanya.

Dalam kegiatan rutin tahunan itu, Bupati mengimbau masyarakat agar menggunakan Musrenbang ini untuk menyalurkan aspirasi. 

"Ajukan apsirasi yang paling prioritas yang akan dilaksanakan di tahun 2022. Sementara untuk kemapuan keuangan 2021 ini akan dilakukan secara proporsional di seluruh kecamatan," katanya.(cil)