Pelalawan Diselumuti Asap Karhutla


riaupotenza.com
Kasat Pol PP Damkar Abu Bakar dan personil dari beberapa kesatuan sedang berjibaku memadamkan api di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti

PANGKALANKERINCI {RPZ}-Selasa (2/3) pagi, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai menyelimuti Pangkalan Kerinci, ibu kota Kabupaten Pelalawan. Kendati belum mengganggu jarak pandang, namun indra penciuman sudah sangat terasa menghirup udara yang bercampur asap sisa kebakaran hutan dan lahan.

Kebakaran hutan dan lahan dipastikan masih terjadi disejumlah lokasi. Begitu petugas pemadam kebakaran dari berbagai kesatuan berupaya keras memadamkan api. Beberapa lokasi yang masih berkobar api di Desa Gambut Mutiara dan Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti juga di Kecamatan Teluk Meranti.

‘’Lahan terbakar diperkirakan lebih kurang 2 hektar,’’jelas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kabupaten Pelalawan H Abu Bakar Fisda Eli,M.AP, Selasa (2/3).

Lokasi kebakaran hutan dan lahan kurang lebih 2 hektar sebut Abu Bakar berlokasi di Desa Pulau Muda Kecamatan Teluk Meranti. ‘’Mudah-mudahan hari ini tuntas pemadaman dan pendinginannya,’’ujar Kasat Pol

 ‘’Kekuatan personil, Satpol PP Damkar dan BPBD 19 orang ditambah 8 orang Manggala Agni,’’bebernya terkait jumlah personil yang berjibaku memadamkan api ditengah kemarau panas yang masih berlanjut tanpa turun hujan.

Sementara itu lanjut Plt BPBD Pelalawan ini, selain pihaknya, personil Polres Pelalawan juga tak kalah sengitnya memadamkan kawasan yang terbakar di Desa Gambut Mutiara  yang masih masuk dalam administrasi Kecamatan Teluk Meranti. ‘’Ya, personil Polres juga berjibaku memadamkan api di Gambut Mutiara,’’sambungnya yang mengaku ikut turun ke lokasi bersama anggotanya untuk memadamkan titik api akibat Karhutla.

Hanya saja belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Apakah sengaja dibakar atau ada penyebab lain. Namun yang jelas, kemarau menjadi pemicu cepat api cepat menyebar ke berbagai areal.amr