Pelantikan Bupati Pelalawan Terpilih Tunggu Jadwal Kemendagri


riaupotenza.com
Sekdakab Pelalawan Drs H Tengku Mukhlis M. Si

PANGKALANKERINCI (RPZ)-Pilkada Pelalawan sukses digelar 9 Desember 2020 lalu. Hanya saja, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan terpilih H Zukri Misran dan H Nasaruddin, SH, MH hingga saat belum bisa ditentukan. Pelantikan baru bisa dilaksanakan jika Kemendagri telah menetapkan jadwalnya. 

    Kendati jadwal pelantikan belum jelas, namun semua berkas persyaratan untuk helat akbar hasil Pilkada itu sudah dipenuhi. Bahkan telah diserahkan ke Mendagri melalui Pemprov Riau. 

     ''Kalau jadwal pelantikannya memang belum ada kepastian. Karena penetapannya oleh Kemendagri. Kita, in syaa Allah siap mengikuti jadwal pelantikan jika telah ditetapkan,'' kata Sekdakab Pelalawan Drs H Tengku Mukhlis, M. Si menjawab media ini Selasa (23/2) terkait kapan jadwal pelantikan kepala daerah terpilih pada Pilkada lalu. 

    Namun Sekda Tengku Mukhlis memastikan semua persyaratan untuk menggelar pelantikan itu sudah lengkap dan sudah diajukan. 

      ''Seluruh persyaratan pengurusan SK udah kito sampaikan ke Mendagri melalui Pemprov. Sekali lagi saya katakan mengenai pelantikan, menunggu jadwal yang ditetapkan Kemendagri,''ungkapnya. 

    Dibenarkan Sekdakab Pelalawan yang akrab disapa TM ini, Kepala daerah yang masa jabatannya berakhir 17 Februari 2021 akan dilantik pada 26 Februari mendatang. 

   ''Namun, dari 270 daerah yang menggelar Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu, tidak semuanya masa jabatannya berakhir pada 17 Februari. Dan untuk Kabupaten Pelalawan saya tidak mahu mendahului keputusan pihak Kemendagri. Artinya, kita tunggu saja keputusannya nanti. Kalau sekiranya ditetapkan dipercepat, in syaa Allah akan kita laksanakan begitu sebaliknya tetap kita patuhi peraturan yang ditetapkan,'' paparnya. 

    Mantan Kabag Tapem Setkab Pelalawan ini pun membenarkan jika pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan terpilih nantinya berlangsung secara virtual. 

     ''Petunjuk pelantikan di masa Covid-19 ini memang virtual. Nantinya, Bupati dan wakilnya dilantik oleh gubernur sementara kepala daerah yang dilantik berada di daerahnya masing-masing,''imbuh Tengku Mukhlis. 

    Dalam catatan media ini, masa jabatan Bupati Pelalawan HM Harris akan berakhir pada April 2021 mendatang. Tidak diketahui pasti apakah pelantikan Bupati Pelalawan terpilih H Zukri Misran dan H Nasaruddin, SH, MH yang memenangkan Pilkada 9 Desember 2020 lalu bisa dipercepat atau harus bersabar hingga masa jabatan Bupati HM Harris dan Wakil Drs H Zardewan, MM berakhir. 

    Media ini sudah menghubungi salah seorang Komisioner KPUD Pelalawan Baprinaldi dan Sekretaris KPUD Pelalawan Safran Daulay terkait jadwal pelantikan Bupati Pelalawan terpilih, namun belum berhasil.amr