Awas, Pelaku Balap Liar Ditindak Tegas!


riaupotenza.com
Satlantas Polres Kuansing mengamankan tiga motor pelaku balap liar yang sering digelar di Kota Telukkuatan.

KUANSING (RPZ)-Satuan Lalu Lintas Polres Kuantan Singingi (Kuansing) menindak tegas pelaku balap liar di Kota Telukkuatan. Beberapa motor trondol milik pelaku balap liar diamankan.

Kapolres Kuansing AKBP Hengky Poerwanto SIK melalui Kasat Lantas  AKP Rocky Junasmi SIK menjelaskan Satlantas sudah berupaya mengantisipasi terjadinya balap liar di Kota Telukkuantan.

Langkah antisipasi itu katanya, mulai dengan patroli ke titik-titik balap liar. Selain itu memberikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat agar mengawasi dan melarang anaknya untuk balap liar.

''Kita sangat terbantu jika orang tua turut mengambil peran melakukan pengawasan terhadap anak anaknya,'' ujar AKP Rocky.

Menurutnya, anak di bawah umur hendaknya jangan difasilitasi kendaraan bermotor. Karena anak dibawah umur belum punya SIM sehingga belum teruji.

''Dengan belum terujinya kompetensi seseorang akan berdampak pada perilaku dalam berkendara,'' jelasnya .

Makanya ia menghimbau orangtua agar tidak memfasilitasi kendaraan bermotor kepada anak dibawah umur. Selain itu, orang tua harus mengawasi kegiatan anak anaknya sehingga nantinya tidak ada penyesalan orang tua ketika anaknya menjadi korban kecelakaan lalu lintas akibat balap liar.

''Kendaraan hancur masih bisa diganti dan dibeli kembali. Tapi apabila masa depan anak hancur karena menjadi korban kecelakaan itu tak akan ada gantinya dan tidak akan ada yang bisa membelinya,'' harapnya.

Diketahui, akibat dari balap liar setidaknya ada terjadi dua kecelakaan di dekat Tugu Carano dan Jalan Rusdi S Abrus. Kedua korban sampai harus dirujuk ke Pekanbaru karena mengalami luka yang cukup serius.(cil)