Overload, Virus TBC "Hantui" Warga Binaan 


riaupotenza.com
Suasana pengledahan kamar Lapas Kelas IIB Telukkuatan yang dilakukan BNNK dan petugas lapas baru-baru ini.

KUNSING (RPZ)--Kapasitas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Teluk Kuantan sudah overload. Kondisi ini membuat warga binaan hidup berdesak-desakan.

Kondisi ini diperparah merebaknya virus tuberculosis atau TBC diantara warga binaan. Sudah ada lima warga binaan yang terjangkit virus TBC dan perlu diisolasi di kamar tersendiri.

Kepala Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan Yurdani MH didampingi Kepala KPLP Aldino Oktalaperta SH mengatakan itulah tantangan dalam mengelola kehidupan Lapas. 

''Mereka itu manusia. Jadi harus kita perhatikan hajatnya juga. Walau kondisi kita seperti ini,'' ujar Aldino.

Menurut Aldino, lima warga binaan yang terinfeksi virus TB sudah dilakukan pengobatan intensif. Pemeriksaan rutin juga dilakukan agar tidak menular ke warga binaan yang lain.

Sedangkan untuk penambahan kapasitas, menurutnya, pihaknya sudah melakukan permohonan agar pembangunan kamar segera direalisasikan. Rencana ada penambahan tiga kamar.

''Sudah kita ajukan. Mudah-mudahan tidak lama lagi dapat direalisasikan,'' jelasnya.

Masih lanjut Aldino, saat ini ada 368 warga binaan yang menghuni Lapas. Sementara kapasitas lapas hanya 56 orang. Jadi tidak heran semua ruangan Lapas berubah fungsi untuk dijadikan sel, seperti ruang aula dan ruang kantor.

''Overload kita sudah mencapai 600 persen. Jadi memang sangat memprihatinkan. Semoga penambahan kamar cepat teralisasi, Itu harapan kita,'' pungkas Aldino.(cil)