Koramil 01/Bengkalis Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi Karlahut


riaupotenza.com
PATROLI : Sejumlah personil Komando Rayon Militer (Koramil) 01/Bengkalis menggiatkan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat, Kamis (21/1/2021).(sukardi)

BENGKALIS(Riaupotenza.com) – Mengantisipasi terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan di wilayah Kecamatan Bantan. Sejumlah personil Komando Rayon Militer (Koramil) 01/Bengkalis menggiatkan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

Patroli dan sosialisasi tersebut diharapkan mampu menekan tingkat Karlahut di wilayah Pulau Bengkalis. Kegiatan tersebut dipusatkan di Desa Muntai, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Kamis (21/1/2021).

Tampak sejumlah personil Koramil 01/Bengkalis diantaranya Serda Rustam, Serda Armansyah dan Serda Zamzuri, bertatap muda dengan sejumlah perangkat desa dan masyarakat di Desa Muntai.

"Menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dan memerun sampah sembaranga. Sebab, cara membakar lahan dengan memerun dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan," kata Serda Rustam.

Lebih lanjut, Serda Rustam mengemukakan, kegiatan ini dilaksanakan guna mengajak masyarakat agar berperan serta dan turut mengawasi serta memantau titik rawan Karlahut diwilayahnya masing masing.
 
"Kita juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar membuat sumur di masing-masing perkebunan mereka supaya kalau ada titik api segera bisa dipadamkan segera, melalui upaya dini," ujarnya.
 
Dikatakannya, bentuk upaya mensosialisasikan kepada masyarakat tidak ada yang membakar hutan dan membuka lahan dengan cara membakar karena yang berdampak bagi kesehatan, masyarakat dan tentunya dampaknya juga buruk bagi kelangsungan lingkungan hidup.
 
"Idealnya, kegiatan sosialisasi ini sangat direspon baik masyarakat dan kami siap membantu untuk mengatasi Karlahut,"tutupnya.kar