Penelitian Perda Zakat Diperlombakan Baznas Bengkalis, Ini Syaratnya


riaupotenza.com
Ketua Baznas Bengkalis Ali Ambar bersama kelompok usaha masyarakat binaan Baznas Bengkalis, Rabu (20/1/2021).(sukardi)

BENGKALIS(Riaupotenza.com) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, saat ini sudah memberikan santunan ke masyarakat kurang mampu dan bantuan sosial pengobatan bagi warga, yang mengidap penyakit kronis kepada seorang ibu mengidap kanker payudara. Selain itu juga terobosan baru mengajak anak muda memberikan kesempatan Bengkalis untuk mengkaji ulang Peraturan Daerah (Perda) Zakat.

Demikian disampaikan Ketua Baznas Bengkalis H. Ali Ambar, Rabu (20/1/2021). Ia juga menyebutkan, kaji ulang Perda Zakat tersebut melalui riset atau penelitian dituangkan dalam bentuk makalah dibagi dua tema yang bisa dipilih oleh peserta yakni riset tentang "Kajian Implementasi Peraturan Daerah Pengelolaan Zakat" dan tema kedua yakni "Kajian Dampak Penyaluran Zakat Terhadap Ekonomi mustahik.

"Kita bagi dalam dua tema penelitian seperti tema pertama kita minta para peneliti lebih mengkaji masalah perda zakat yang sudah disahkan dan bagaimana implementasi terhadap  perda tersebut agar perda tersebut bisa mendongkrak penerimaan zakat, nah untuk tema kedua kita berharap hasil riset nanti bisa kita ketahui tingkat keberhasilan terhadap bantuan modal usaha kepada mustahik, berhasil atau tidak,"kata Ketua Baznas Bengkalis Ali Ambar, Rabu (20/1/2021).

Ditambahkan Ali Ambar bahwa setiap karya yang masuk sudah menjadi hak milik Baznas Bengkalis dan peserta merupakan warga Bengkalis yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), selain itu yang paling penting hasil karya belum pernah diajukan ke pihak lain.

"Kita sudah membuat tahapan untuk kegiatan lompa penilitian tersebut yang mana untuk pengiriman proposal dimulai dari 1 Februari sampai 5 Maret 2021 dan seleksi proposal akan dilaksanakan pada 8 Maret sampai 5 April 2021,"katanya.

Untuk pemenang masing masing tema berbeda, untuk tema pertama juara 1 meraih Rp5.500.000,Juara 2 Rp4.500.000, dan juara 3 Rp3.500.000, sedangkan untuk hadiah tema ke dua juara 1 Rp6.000.000, juara 2 Rp5.000.000, juara 3 Rp4.000.000.

"Ya untuk panduan penulisan bisa mengikuti petunjuk dan sudah di susun Baznas Bengkalis,"kata Ali Ambar.

Ali Ambar berharap dengan adanya hasil riset nantinya, Baznas akan melakukan perubahan-perubahan ataupun perbaikan agar penerimaan zakat di Kabupaten Bengkalis ini meningkat.kar