Terlibat Narkoba, 4 Pria Digulung


riaupotenza.com

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Polisi Anti Narkotika, Sat Res Narkoba Polres Pelalawan berhasil membongkar jaringan narkoba. 4 pria yang terlibat dalam bisnis haram ini pun berhasil digulung. Sedikitnya 20,61 gram sabu-sabu berhasil disita dari pelaku. Kasus ini masih dikembangkan polisi, sementara pelaku sudah mendekam di hotel prodeo Polres Pelalawan.

‘’Para tersangka berikut barang bukti sudah diamankan. Dan kasusnya sedang dikembangkan,’’ jelas Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko,S.Ik melalui Humas AKP Edy Haryanto,SH, Selasa (19/1).

Para tersangka sebut Kapolres tidak ditangkap pada satu lokasi. ‘’Tersangka ditangkap di lokasi terpencar di beberapa titik,’’imbuhnya sambil menyebutkan berat kotor narkotika jenis sabu yang diamankan sebagai barang bukti dari tersangka 20,61 gram serta beberapa BB pendukung lainnya.

Dijelaskan, operasi memburu pengedar narkoba ini dipimpin langsung Kasat Res Narkoba Polres Pelalawan Iptu Gus Purwanto, SH,MM serta unit khusus polisi anti Narkotikanya. ‘’Tersangka diancam dengan rumusan Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 112 ayat (1)  UU RI No. 35 tahun 2009 Tentang Narkotika,’’ ujarnya menyebutkan sanki hokum yang akan dikenakan terhadap para pengedar benda haram tersebut.

Adalah pria inisial  CF (21). Pemuda kelahiran Perawang ini tinggal di  Jalan Lintas Timur Simpang Pulai Kelurahan Ukui Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. CF tidak sendiri, tapi bersama koleganya MS. Pria kelahiran Ukui 26 tahun lalu yang tinggal di  Jalan Ukui 1 Kelurahan Ukui Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan.  Keduanya digulung polisi di Jalan Air Emas RT/RW 016/003 Kelurahan Air Emas Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan.

‘’Dari keduanya diamankan BB narkotika yang diduga sabu berat kotor 0,95 gram,’’ jelasnya sambil mengatakan ada beberapa BB pendukung lainnya yang ikut diamankan polisi dari keduanya yang diketahui sebagai pengedar.

Lalu polisi membekuk seorang pria inisial  LJ. LJ kelahiran Air Molek, Inhu 29 tahun yang tinggal di di Jalan Jenderal  Sudirman No 09 kelurahan Tanjung Gading kecamatan Air Molek Kabupaten Indragiri Hulu. Dari pengedar ini yang merupakan hasil pengembangan kasus pengungkapan sebelumnya, diamankan BB 1 unit android Vivo warna hitam dan uang tunai Rp 300.000.

‘’Dibekuknya LJ, merupakan hasil pengakuan tersangka lainnya yang mengaku membeli Kristal haram dari LJ,’’ jelasnya.

Lalu tangkapan lumayan besar dengan BB sabu berat kotor 19,66 gram didapat dari tersangka tersangka inislan DA. Pria  kelahiran Jakarta 21 tahun ini dibekuk juga di Jalan Jenderal  Sudirman No.29 Kelurahan Tanjung Gading Kecamatan Air Molek Kabupaten Indragiri Hulu.

‘’Dari DA ini diamankan BB 7 paket bungkus plastik bening klep merah yang berisikan diduga Narkotika jenis shabu dengan berat kotor 19,66 gram, timbangan digital dan lainnya,’’ terang polisi seraya menambahkan DA diangkut polisi sekitar pukul 23.30 WIB, Senin (18/1).

Hanya saja dalam penyergapan malam itu, teman DA inisial RD berhasil kabur dan masih DPO jajaran Polres Pelalawan.

‘’Tim langsung melakukan penyergapan, dan berhasil menangkap tersangka DA dimana semua barang bukti Shabu ada padanya, sedangkan RD (DPO) sudah duluan melarikan diri, kemudian tim memanggil warga untuk menyaksikan pengeledahan terhadap tsk DA, dan ditemukan 1 bungkus plastik bening yang berisikan 7  paket bungkus plastik bening klep merah yang berisikan diduga Narkotika jenis shabu dengan berat kotor 19,66 gram,’’ ungkap Kapolres menyebut kronologis penangkapan terhadap Bandar Narkoba di wilayah hokum Polres Inhu dari hasil pengembangan Sat Res Narkoba Pelalawan. amr