Pemko Ikuti Proses Hukum


riaupotenza.com
Muhammad Jamil

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru Agus Pramono, dan sejumlah pejabat lainnya pada instansi itu diminta keterangan oleh Polda Riau. Mereka dimintai keterangan terkait dugaan pelanggaran pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru. 

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan, bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru siap mengikuti proses penyidikan yang sedang berjalan. Mereka juga siap memberi keterangan dalam proses penyidikan.

"Bagi kami ikuti saja, seperti apa prosesnya," kata Jamil, Selasa (19/1). 

Jamil mempersilahkan kepolisian menelusuri teknis pengelolaan sampah di DLHK Kota Pekanbaru. Ia menyebut bahwa DLHK merupakan OPD yang punya peran mengawasi proses pengelolaan sampah.

Jamil juga menilai DLHK Kota Pekanbaru juga punya tugas memastikan tidak ada lagi sampah menumpuk. Polda Riau bisa meminta keterangan DLHK Kota Pekanbaru terkait pengelolaan sampah.

Apalagi Walikota Pekanbaru sudah memberi peringatan dari awal agar jangan sampai masalah sampah berlarut. Ia pun mengingatkan agar DLHK segera menuntaskan permasalahan sampah.

"Maka DLHK harus menuntaskan masalah sampah ini segera," terangnya. 

Menurutnya, saat ini pengelolaan sampah diambil alih oleh DLHK Pekanbaru secara swakelola. DLHK terjun langsung dalam pengangkutan sampah yang dipungut dari lingkungan masyarakat menuju TPA Muara Fajar. 

Pengelolaan ini dilakukan DLHK jelang proses lelang pengelolaan angkutan sampah oleh pihak ketiga rampung pada akhir Januari ini. Selain DLHK Pekanbaru, OPD terkait turut serta dalam penanganan tumpukan sampah ini. rpz