Posmat TNI AL Bantan Tengah Diresmikan Danlanal Dumai


riaupotenza.com
PERESMIAN : Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Himawan didampingi Pj Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi dan Forkopimda saat meresmikan Pos Pengamatan TNI AL di Bantan Tengah, Kecamatan Bantan, Selasa (19/1/2021).(sukardi)

BANTAN(Riaupotenza.com) — Sebagai wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia. Kabupaten Bengkalis juga memiliki wilayah perairan yang cukup luas. Selat Malaka menjadi batas laut, yang hari ini menjadi jalur transportasi laut antar negara.

Sehingga dibutuhkan perhatian lebih dalam pengawasan wilayah perbatasan. Kondisi ini tentunya menjadi pemikiran Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, yang telah meresmikan langsung Pos Pengamatan (Posmat) TNI AL, terletak di Desa Bantan Tengah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Selasa (19/1/2021).

Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan bersama rombongan, selain meresmikan Posmat AL juga dalam rangka kunjungan kerja (Kunker). Posmat TNI yang dibangun Pemkab Bengkalis itu, nantinya menjadi Posmat yang aktif.

Hal itu dikatakan Kolonel Laut (P) Himawan. Menurutnya, selain meresmikan posmat TNI AL juga ingin bersilahturahmi dengan pejabat daerah kabupaten Bengkalis sehingga dapat saling mengenal. 

"Besar harapan kami keberadaan pos TNI AL ini dapat bersinergi dengan Pemerintah Daearah dan instansi samping dalam hal ini Kodim 0303/Bengkalis, Polres maupun instansi jasa maritim guna membantu pelaksanaan kebijakan pusat maupun daerah khususnya di wilayah Kabupaten Bengkalis dan bermanfaat bagi masyarakatnya,"ungkap perwira TNI tiga bunga dipundak ini.

Lebih lanjut Kolonel (P) Himawan menjelaskan, seperti diketahui Kecamatan Bantan merupakan salah satu wilayah yang memiliki perairan pesisir dengan letak geografis yang sangat strategis, yaitu terletak di pantai timur pulau Sumatera, dan wilayahnya juga berhadapan langsung dengan jalur pelayaran internasional (selat malaka) perbatasan dengan Negara Malaysia yang merupakan salah satu pusat perdagangan dunia. 

Selain itu Kabupaten Bengkalis khususnya Kecamatan Bantan juga memiliki potensi sektor perikanan yang sangat besar. Karena letaknya yang strategis perairan Bantan dinilai banyak dimamfaatkan oleh para pelaku bisnis illegal untuk meraup keuntungan pribadi. Tak hanya kaya akan hasil laut. Perairan Bantan Tengah merupakan daerah rawan konflik antara nelayan.

"Dengan keberadaan pos TNI AL di perairan Bantan diharapkan dapat memiliki andil dan peran yang positif dalam peningkatan perekonomian daerah maupun dalam penegakan hukum di laut demi terjaganya keamanan dan pertahanan Nasional,"ungkapnya.

Terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi, AP. Msi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang ke Negeri Junjungan kepada Danlanal beserta rombongan.

"Kami Pemerintah daerah sangat senang di kunjungi oleh Danlanal Dumai. Semoga silatuhrahmi ini bisa terus terjalin dan bisa bekerjasama antara TNI AL dan Pemerintah daerah,"ucap Syahrial Abdi.

Turut dadir disela-sela kegiatan seluruh OPD lingkup Pemkab Bengkalis, Forkopimda Bengkalis dan Camat Bantan.kar