Dua Rumah Sakit Rujukan Disiapkan Jika Alami Gejala Pasca Vaksinasi


riaupotenza.com
dr Zaini Rizaldi Saragih

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Satgas Covid-19 Pekanbaru, menyediakan dua rumah sakit rujukan untuk menangani masyarakat penerima vaksin pasca vaksinasi covid-19. 

Rumah sakit ini disiapkan untuk menangani jika terjadi keluhan, dan dampak dari mereka yang telah dilakukan vaksinasi covid jenis Sinovac ini. 

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi Saragih mengatakan, dua rumah sakit rujukan ini adalah Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad. 

Namun, pihaknya akan melakukan observasi terhadap penerima vaksin selama 30 menit pasca vaksinasi dilakukan. Tenaga kesehatan bakal melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap penerima vaksin. 

Menurutnya, dampak vaksinasi covid ini seperti pembengkakan dan rasa nyeri pada tempat penyuntikan, hingga membuat penerima vaksin demam. 

"Informasi yang saya dapat di BPOM, itu (vaksin) tidak ada dampak yang berarti. Beberapa vaksin juga berdampak seperti itu, nyeri atau bengkak di tempat yang disuntik," terangnya. 

Ia mengungkapkan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menyatakan vaksin jenis Sinovac ini halal. Kemudian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengizinkan penggunaan emergency vaksin ini. rpz