Mau Ikut Perayaan HPN di Pulau Rupat, Peserta Wajib Jalani Rapid Test


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Panitia Hari Pers Nasional (HPN) Provinsi Riau 2021 memutuskan kepada peserta yang mengikuti perayaan HPN 2021 tingkat Provinsi Riau, yang direncanakan digelar di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, wajib untuk menjalani rapid test. Ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus covid 19, dan yang ikut benar-benar tidak terpapar dari virus yang mematikan tersebut.

Hal ini disepakati bersama dalam rapat evaluasi persiapan memperingati HPN 2021 tingkat Provinsi Riau, yang dipimpin langsung Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, yang didampingi Sekretaris PWI Riau Amril Jambak, Ketua Panitia HPN 2021 Provinsi Riau Edhar Darlis, Sekretaris Panitia Saparudin Koto, panitia dan pengurus PWI Riau, di ruang rapat Kantor PWI Riau, Jalan Arifin Achmad Pekanbaru, Senin (11/1/2021).

‘’Karena pada perayaan HPN 2021 ini, masih dalam suasana pandemi virus covid 19. Tentu kita harus wajib menjalankan protokol kesehatan. Jadi khusus untuk agenda yang akan digelar di Pulau Rupat pada tanggal 9 Februari mendatang, semua peserta wajib jalani rapid test pada tanggal 6 Februari, tepatnya sehari sebelum kita berangkat,’’ tegas Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang.

Dikatakan, jika nanti dari teman-teman dari hasil testnya reaktif, hendaknya dengan lenggowo untuk tidak pergi, dan isolasi mandiri di rumah. Sebab, kata Zulmansyah, kalau teman-teman memaksakan diri, dikuatirkan akan membawa wabah di daerah Pulau Rupat.  

‘’Sampai saat ini warga di Pulau Rupat masih zero dari covid 19. Tentu dengan kehadiran kita nanti harus sama pula, dan jangan malah kehadiran kita membentuk cluster baru,’’ harap pria kerab disapa Zum ini.

Dikatakannya lagi, selain nanti mengikuti memperingati HPN 2021 secara serentak se-Indonesia melalui virtual, di Pulau Rupat nanti juga digelar beberapa turnamen, dan salah satunya turnamen domino. Di samping itu, lanjutnya, juga digelar bakti sosial yakni membersihkan sampah di tepian Pulau Rupat, dan juga menanam pohon, serta menggelar berbagai kegiatan lainnya.   

‘’Setiap kegiatan wajib menjalani protokol kesehatan, dan sediakan hadiah untuk pemenang serta doorprize kepada peserta,’’ tegas Zulmansyah lagi.

Ia mengungkapkan jika nanti cuaca tindak mendukung untuk digelar di Pulau Rupat, maka alternatifnya adalah di Siak yakni di tepian Sungai Siak, Kabupaten Siak. Sebab, kata Zum, kalau dipaksakan dikuatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

‘’Bersempena HPN 2021 ini, kita juga menggelar donor darah yang dijadwalkan pada tanggal 23 Februari mendatang, di Pekanbaru. Selain itu, kita juga menggelar silaturahmi kepada tokoh-tokoh pers di Riau, dan keluarga wartawan yang mengalami musibah,’’ papar Zum seraya mengingatkan kepada semua panitia agar menjalankan tugas yang telah diamanahkan dengan serius dan baik. rpz/rls