Pecat THL Melalui WA, Mantan THL DLHK Desak Wako Copot Agus Pramono


riaupotenza.com

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Puluhan mantan Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, yang mengatasnamakan Forum Komunikasi (FK) Pekerja DLHK Pekanbaru menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DLHK Pekanbaru, Jalan Datuk Setia Maharaja, Rabu (6/1).

Aksi massa ini menuntut Kepala DLHK Pekanbaru Agus Pramono mundur dari jabatannya. Mereka menilai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh Agus Pramono terhadap mereka tidak sesuai prosedur. 

Pasalnya, PHK yang dilakukan hanya disampaikan melalui pesan Whatsapp (WA). Hal itu dinilai tidak prosedural terhadap PHK yang dilakukan kepada 318 THL DLHK. 

"Pemberhentian hanya melalui Whatsapp. Ini jelas tidak sesuai prosedural," kata Kordinator Lapangan (Korlap) Forum Komunikasi Pekerja DLHK, Herning Perwira dalam orasinya. 

Mereka mengatakan, PHK yang dilakukan terhadap ratusan THL berdampak sangat buruk, karena sampah yang semakin berserakan di seluruh ruas jalan Kota Pekanbaru.

Selain itu, PHK juga membuat mereka kehilangan sumber penghasilan. Apalagi saat ini kondisi masih ditengah pandemi covid-19, mereka sangat membutuhkan pekerjaan untuk mencukupi ekonomi keluarga. 

Sementara Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Agus Pramono mengatakan, PHK yang dilakukan terhadap ratusan THL ini berdasarkan hasil evaluasi pihaknya. Pasalnya THL direkrut apabila ada kegiatan pada suatu OPD. 

Saat ini pekerjaan yang dilakukan THL sebelumnya sebagai petugas retribusi lingkungan diambil alih oleh Forum Komunikasi (FK) RT/RW. Saat ini RT/RW setempat yang langsung mengambil retribusi ke warganya masing-masing. 

Hal itu dinilai lebih efektif dengan memberdayakan RT/RW setempat. Sementara untuk THL yang sebelumnya bertugas sebagai Gakum DLHK, kini diambil alih langsung oleh ASN DLHK. 

Sementara terkait menumpuknya sampah di Kota Pekanbaru, karena saat ini angkutan sampah dilakukan swakelola oleh DLHK Pekanbaru jelang proses lelang rampung. Pihaknya mengupayakan mengerahkan seluruh kekuatan dalam pengelolaan angkutan sampah. 

Ia juga tidak mempermasalahkan terkait tuntutan THL untuk memintanya mundur dari jabatan Kepala DLHK Pekanbaru. Ia memastikan ia sudah bekerja secara maksimal dan sesuai dengan prosedur yang ada. rpz