Wako Imbau Warga Batasi Malam Perayaan Tahun Baru


riaupotenza.com
Dr Firdaus

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Wali Kota (Wako) Pekanbaru, Dr Firdaus, memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning 2020, di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Pekanbaru, Senin (21/12) pagi.

Apel Gelar Pasukan ini diikuti personel gabungan Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pemadam Kota Pekanbaru.

Firdaus menegaskan agar membatasi kegiatan saat malam perayaan tahun baru. Kegiatan hanya dapat berlangsung hingga pukul 20.00WIB.

"Tidak ada kembang api, tidak ada kumpulan bakar ayam, kambing guling. Pada malam pergantian tahun kita manfaatkan untuk bermuhasabah diri. Intinya supaya kita  selamat dari Covid ini," kata Firdaus. 

Firdaus menyebut, bahwa masyarakat tidak bakal mendapat izin keramaian pada malam pergantian tahun 2020. Mereka tidak boleh menggelar kegiatan hiburan di dalam maupun luar gedung.

Masyarakat juga dilarang menggelar pesta kembang api saat malam tahun baru 2021. Mereka juga dilarang menggelar konvoi kendaraan pada malam pergantian tahun.

Hal itu juga tertuang dalam Surat Edaran (SE) Walikota Pekanbaru tentang pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru dalam rangka pencegahan dan pengendalian covid-19.

"Untuk merayakan malam Natal dan tahun baru kita tidak boleh lengah, tidak boleh lalai. Kita merayakan di tengah pandemi Covid. Harus waspada," terangnya. 

Sementara itu, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya mengatakan, apel gelar pasukan ini bertujuan untuk kesiapsiagaan personil dan peralatan pengamanan terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal  2020 dan Tahun Baru 2021.

Dalam pengamanan perayaan Natal dan pergantian tahun baru ini sebanyak 350 personel gabungan TNI-Polri disiagakan. Sejumlah lokasi yang menjadi atensi pengamanan diantaranya adalah gereja, tempat wisata, tempat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, bandara, serta objek-objek keramaian lainnya.

"Kita lakukan operasi ini dengan baik dan profesional bekerjasama dengan sejumlah perangkat lainnya dan seluruh elemen masyarakat," ungkapnya. rpz