MASATA Riau Hadiri Rakernas I di Bandung

Riau Didukung Gubri Jadi Tuan Rumah Rakernas II MASATA 2021


riaupotenza.com
Ketua MASATA DPD Riau Ahmad Fadli (dua kanan) saat menjadi pimpinan sidang Rakernas I MASATA di Bandung.

PEKANBARU (riaupotenza.com)- Masyarakat sadar wisata (Masata) DPD Riau, 26-28 November 2020 ikut Rapat kerja nasional (Rakernas I) di Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh DPD Masata se Indonesia dan sejumlah DPC Masata kabupaten/kota.

Rakernas I Masata ini, dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Wishnutama Kusubandio via zoom meeting, Jumat (27/11/2020). Pada kesempatan ini, juga memberikan sambutan khusus dari Komisi X DPR RI, Syaiful Huda.

Dalam sambutannya, Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda menggarisbawahi bahwa sektor pariwisata sebagai backbone ekonomi hampir luluh lantah selama 10 bulan di masa pandemi Covid-19. Kondisi sektor pariwisata yang memprihatinkan itu, karena paling terdampak dan mengalami kontraksi tajam, sementara berbagai program belum memberikan hasil optimal, maka menurutnya, sektor pariwisata membutuhkkan kebijakan afirmasi, yakni Pemerintah memprogramkan para wisatawan mendapat prioritas vaksinasi. Pemberian vaksin kepada wisatawan menjadi satu paket vaksin-wisata yang menarik perhatian wisatawan (pelancong).

Adapun perwakilan Masata DPD Riau yang hadir langsung di Bandung, adalah Ahmad Fadli selaku Ketua Wilayah, Rahmi D. PRIS selaku Sekretaris Wilayah, Sari selaku Bendahara Umum dan Ketua Masata DPC Pekanbaru Abdul Khair. Sejumlah pengurus Masata DPD Riau juga ikut saat pembukaan Rakernas I ini, melalui virtual zoom meeting. 

Keberadaan Masata, ternyata sangat dinantikan oleh Pemprov Riau. Ini terbukti, sebagai peserta Rakernas I ini, delegasi Riau langsung mendapat misi khusus dari Gubernur Riau, lewat Dinas Parekraf Riau. Dalam kesempatan ini, Masata DPD Riau mendapat dukungan Gubri, untuk melaksanakan Rakernas II Masata nantinya di Provinsi Riau, pada 2021 mendatang. 

"Kita sangat mendukung Riau sebagai tuan rumah Rakernas II Masata pada 2021 yang akan datang. Selain membangun promosi dan mengenalkan pariwisata serta budaya, ini kesempatan masyarakat Riau juga menampilkan kreativitas kepada tamu, dan menggiatkan ekonomi," kata Kadis Parekraf Riau Roni Rakhmat kepada riaupotenza.com (pekanbaru pos group), Sabtu (28/11/2020). 

Sementara itu, Ketua Wilayah DPD Masata Riau Ahmad Fadli sempat pula didaulat menjadi salah satu pimpinan sidang Rakernas I. Ia juga menyampaikan pemaparan tentang kesiapan Riau menjadi tuan rumah Rakernas II Masata pada 2021.

"Kita dapat kesempatan jadi pimpinan sidang. Terus ada sesi khusus penampilan video pariwisata Riau, serta penampilan beberapa lagu oleh Sekwil DPD Riau Rahmi, yang mampu memukau peserta. Saya juga paparkan kesiapan Riau menjadi tuan rumah Rakernas II nanti di 2021. Alhamdulillah kita juga dapat dukungan dari Gubri dan Dinas Parekraf Riau," jelas Ahmad Fadli. uli/ppg