Disbud Riau Gelar Pameran Tematik Ragam Hias

Kadisbud: Kita Ingin Wujudkan Riau Pusat Kebudayaan Melayu


riaupotenza.com
Kadisbud Riau H Yoserizal Zein saat membuka secara resmi pameran tematik ragam hias di Museum Sang Nila Utama.

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Untuk mewujudkan cita-cita Provinsi Riau sebagai pusat kebudayaan melayu Dinas Kebudayaan (Disbud) Riau menggelar Pameran Temati dan Ragam Hias yang digelar di Kandor Disbud Riau, Jalan Sudirman Pekanbaru, yang dibuka kemarin Selasa (17/11) sesuai dengan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Kepada Dinas Kebudayaan Riau, H Yoserizal Zein mengatakan bahwa pameran tematik dan ragam hias ini sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan Riau sebagai pusat kebudayaan melayu tahun 2025. 

Dipaparkan Kadisbud, bahwa barang-barang yang dipamerkan dalam pameran tematik ini adalah seluruh koleksi Museum Sang Nila Utama yang berasal dari berbagai daerah tingkat dua atau kabupaten yang di Provinsi Riau.

Selain itu Disbud Riau juga menampilkan berbagai Ragam Hias yang berasal dari hasil kerajinan tangan putra-putri Riau yang ditampilkan dalam berbagai bentuk barang hiasan. Dan dalam ragam ini juga mencakup kerajinan batik dan kain songket yang bisa dipakai dalam pakaian adat Melayu.

Pameran Tematik Ragam Hias ini mendapat sambutan baik dari masyarakat yang tampak ramai mengunjungi lokasi pameran. Tampak juga perwakilan Disbud Sumatera Barat dan Disbud Sumatera Utara dalam pembukaan pameran. 

Yoserizal mengharapkan dengan digelarnya Pameran Tematik Ragam Hias ini dapat memacu perkembangan kebudayaan melayu di Bimi Lancang Kuning. alz