Terapkan Prokes, Sekolah Tatap Muka Hari Pertama Berjalan Lancar


riaupotenza.com
Ismardi Ilyas

PEKANBARU (Riaupotenza.com) - Dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes), proses sekolah tatap muka di Kota Pekanbaru berjalan lancar, Senin (16/11/2020). Sekolah tatap muka terbatas ini hanya untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri.

"Belum ada kendala. Masih berjalan lancar sampai saat ini," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas.

Ismardi menerangkan, dari 45 SMP yang ada di Pekanbaru, ada 22 SMP Negeri yang menerapkannya. SMP Negeri yang telah memulai proses sekolah tatap muka ini sudah menjalani survei dari Disdik Kota Pekanbaru. Sekolah di survei terkait kelayakan dan sudah memenuhi SOP terkait penerapan protokol kesehatan. 

"Sebanyak 22 SMP ini sudah kita survei. Ada dua tim yang turun. Semuanya sudah memenuhi standar untuk menjalankan sekolah tatap muka," terangnya. 

Menurutnya, hingga pukul 11.00 WIB ini belum ada laporan dari pihak sekolah terkait gangguan di lapangan. Ia memastikan proses berjalan dengan baik dan sesuai SOP. 

Ismardi juga menyebut, seluruh siswa yang dijadwalkan masuk pada hari pertama sekolah tatap muka ini seluruhnya hadir. Mereka hadir secara bergantian sesuai dengan jadwal satu kali dalam satu minggu. 

Dalam penerapan sekolah tatap muka ini, peserta didik hanya masuk ke sekolah satu kali dalam satu minggu. Sekolah juga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Kemudian, pembelajaran dalam kelas dilakukan hanya selama tiga jam. Tidak ada keluar main dalam sekolah tatap muka ini. 

"Tim covid-19 akan memantau penerapan protokol kesehatan di sekolah. Misalnya anak-anak permisi keluar kelas untuk ke toilet, ada petugas yang mengantarnya," jelasnya.

Di kelas jika biasanya ada empat baris meja, maka saat ini yang akan dipakai hanya dua baris. Setiap meja diberi nama peserta didik. jdi