Didukung Pusat, Tiga Pabrik IVO Segera Berdiri di Pelalawan


riaupotenza.com
Bupati Pelalawan HM Harris dan Pejabat Pelalawan saat menerima kunjungan Kemenkop dalam agenda rencana pembangunan 3 pabrik IVO di Pelalawan.

PANGKALAN KERINCI (Riaupotenza.com) - Tak hanya sebatas wacana. Tapi pembangunan pabrik IVO (Industrial Vegetable Oil) segera menjadi kenyataan dibangun di Kabupaten Pelalawan. Apalagi dukungan dari Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian Koperasi telah dikantongi. 

Hal ini terungkap setelah pihak Kemen Koperasi RI melakukan kunjungan ke daerah ini, guna merealisasikan pembangunan pabrik tersebut.

Usai menerima kunjungan pejabat negara urusan Koperasi, Selasa, (27/10), Bupati Pelalawan HM Harris melalui Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Ir HM Syahrul Syarif, membenarkan rencana pembangunan 3 pabrik IVO di Kabupaten Pelalawan. 

''In syaa Allah, pembangunan Pabrik IVO di Kabupaten Pelalawan akan jadi kenyataan dan akan direalisasikan secepatnya," jelas Kepala Bappeda kemarin. 

Bahkan sambung  Syahrul Syarif, pembangunan Pabrik IVO oleh 9 koperasi di Pelalawan telah mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Dimana Pelalawan ditunjuk sebagai lokasi Pilot Project di dalam Program Startegis Nasional Pemerintahan Jokowi.

''Bapak presiden sangat komit mendukung pembangunan pabrik IVO. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran mereka di Kabupaten kita hari ini,'' paparnya sambil menyebutkan diantara pejabat pusat yang berkunjung dalam rangka pembangunan pabrik IVO yakni Ahmad Zabadi, SH. MH, Deputi Pengawasan, dan Rulli Nuryanto, SE. M.Si dan Deputi Kelembagaan serta Direktur Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kemenkop UKM. 

''Kunjungan ke Pelalawan ini dalam rangka memberikan dukungan penuh untuk merealisasikan pembangunan Pabrik IVO oleh 9 koperasi di Pelalawan,'' beber Syahrul. 

Nantinya lanjut Kepala Bappeda,   pabrik IVO yang dibangun akan memproduksi BBN (Bahan Baku Nabati) berbasis kelapa sawit. 

''Saya dapat bayangkan Pabrik IVO akan sukses dilapangan. Sebab sumber bahan baku nabati berbasis kelapa sawit sangat melimpah,'' urainya optimis pabrik IVO akan berdampak positif dalam rangka mendukung pembangunan bidang ekonomi dan lainnya bagi masyarakat Kabupaten Pelalawan. 

Direncanakan terang Syahrul, bahwa pendirian Pabrik IVO ini berlokasi di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Ukui, Kecamatan Langgam dan Pangkalan Kuras.

Katanya out put lain dari pabrik IVO nantinya akan memenuhi kebutuhan co-processing kilang minyak Pertamina di Dumai dan siap diekspor keluar negeri,'' jelasnya. 

Pertemuan dengan utusan pemerintah pusat ini ujar Kepala Bappeda Pelalawan ini berlangsung di Kantor Koperasi di Kecamatan Ukui. 

Rombongan dari utusan Presiden Jokowi diterima langsung oleh Bupati Pelalawan bersama Kepala Bappeda, Kepala Dinas Koperasi, Ka. BPKAD, Ka. DLH, Ka. DPMPTSP, Ka. Balitbang, Ka. Dinas Perkebunan dan Peternakan, Para Camat dan Kepala Desa serta Pengurus Koperasi di Pelalawan. amr