Kaderismanto-Iyeth Bustami Menang Hasil Survey, Ini Faktanya!


riaupotenza.com
KAMPANYE : Calon Wakil Bupati Bengkalis Iyeth Bustami (Sri Barat) saat melaksanakan Kampanye Dialogis di Desa Jangkang, Kecamatan Bantan, Senin (12/10/2020).(sukardi)

BENGKALIS(Riaupotenza.com) — Website PolingKita.com merilis hasil poling atau survey pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis 2021-2026. Hasilnya dari empat calon yakni Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI), Abi Bahrun-Herman (Aman), Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) dan H. Indra Gunawan Eet-Samda (ESA). Pasangan nomor urut 1 Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI) mengungguli pasangan calon (paslon) lainnya.

Diketahui survey atau PolingKita.com ini merupakan survey website atau situs penyedia polling, atau jajak pendapat dan survey sederhana bagi semua orang. Kendati hasilnya tidak digunakan sebagai polling yang representatif, namun angkanya terus bertambah. Dari jumlah suara yang masuk sebanyak 2801 suara. Empat paslon mendapat pesentase pemilih.

Untuk urutan pertama yakni Kaderismanto-Iyeth Bustami unggul 45,1 persen atau suara masuk sebanyak 1.264 suara. Sementara urutan kedua yakni Paslon H. Abi Bahrun-Herman dengan persentase 36,6 persen, suara masuk atau poling 1024 suara. Sedangkan Indra Gunawan Eet-Samda (ESA) berada diakhir atau sekitar 4 persen dengan poling 138 suara. 

Sementara untuk istri Bupati Bengkalis Non Aktif Amril Mukminin, Kasmarni yang berpasangan dengan Bagus Santoso (KBS) nomor urut 3 memperoleh 13,4 persen atau poling sebanyak 375 suara. Diketahui, PollingKita.com ini dibuat tanggal 11 September 2020 pukul 10.26 WIB.

Juru Bicara KDI, Ony Syahroni, SE, Senin (12/10/2020) menilai walaupun PollingKita.com ini dibuat tapi, Tim KDI sudah memiliki tim survey tersendiri. Namun, mereka selalu menghargai hasil survey independen manapun atau lembaga dari manapun.

Ony mengatakan, Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI) merupakan pasangan calon (Paslon), yang ideal dan punya kans untuk menang di Pemilukada Bengkalis 9 Desember 2020 mendatang. Ia pun mengatakan, hasil survey Kaderismanto awalnya baik, ketika dipasangkan dengan Kasmarni. Namun, setelah dipasangkan dengan Iyeth Bustami, angkanya menjadi lain dan cendrung naik.

“Lembaga survey hasilnya sudah dapat bocoran. Tapi itu tidak menjadi konsumsi publik. Jika PollingKita.com ini masih jauh. Jangan terlena dengan hasil polling itu. Memang, hari ini popularitas calon perempuan kita seperti Iyeth Bustami sedikit melejit, sebab merupakan calon kalangan artis ternama,”ujarnya.

Dikatakannya lagi, Iyeth Bustami (Sri Barat) yang merupakan kader PKB, sekaligus artis ibukota tinggal menggenjot popularitas dan elektabilitas sampai pada momen pencoblosan 9 Desember 2020 mendatang. 

“Bunda Iyeth Bustami punya potensi yang sangat besar. Begitupula Calon Bupati Bengkalis Kaderismanto, yang hari ini merupakan kader PDIP Riau, sejatinya asli Putra Melayu Bengkalis,”ungkapnya.kar