Tanpa Pelalawan Expo dan Pagelaran Seni

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Dilaksanakan Sederhana


riaupotenza.com
Bupati Pelalawan HM Harris

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) -Dipastikan peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pelalawan ke-21 (12 Oktober 1999-12 Oktober 2020) pada 12 Oktober mendatang tidak berlangsung meriah dan semarak seperti tahun-tahun sebelumnya. Sudah bisa ditebak penyebabnya, Pelalawan berada di zona merah penyebaran virus Covid-19.

Kendati demikian, peringatan hari yang bersejarah bagi terbentuknya sebuah kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten induk, Kabupaten Kampar tetap dilaksanakan dengan sederhana. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris, Rabu (7/10). ''Saya memberitahukan kepada masyarakat beberapa hari lagi kita akan memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Pelalawan ke 21 akan dilaksanakan dengan sederhana,''terang Bupati sambil mengatakan penyebabnya adalah sehubungan dengan perkembangan penularan Covid-19 yang mengkhawatirkan dan Pangkalan Kerinci sebagai ibukota Kabupaten Pelalawan berada dalam zona merah. 

''Artinya tingkat penularan tinggi serta saran dan pertimbnagan dari forkopimda dan tokoh masyarakat,  maka peringatan HUT Kabupaten Pelalawan ke-21 ini akan dilaksanakan secara sederhana. Yakni dengan pelaksanaan sidang paripurna luar biasa DPRD Pelalawan tentu saja dengan undangan yang terbatas sebagaimana yang diizinkan sesuai dengan protokol kesehatan,'' ungkap Bupati. 

Namun sidang paripurna tahun 2020 tetap ada istimewanya. Karena, sebut Bupati Pelalawan dua periode ini akan diikuti secara langsung bersama Camat dan tokoh masyarakat melalui fasilitas video conference di kecamatan masing-masing. ''Tetap bisa disaksikan langsung melalui video conference,'' papar Harris. 

Sementara itu lanjut pemegang gelar adat Datuk Setia Amanah untuk agenda lainnya ditiadakan. ''Acara dan kegiatan lainnya, yang biasanya dilaksanakan pada setiap hari ulang tahun seperti upacara peringatan, Pelalawan Expo, pagelaran seni dan lainnya dengan berat hati  tidak dapat dilaksanakan,'' ucap Harris dengan nada berat. 

Lazimnya, setiap peringatan HUT Kabupaten Pelalawan yang jatuh pada 12 Oktober tiap tahunnya itu berlangsung meriah. Pelalawan Expo dengan beragam agenda kegiatan digelar selama satu pekan. Tidak sedikit masyarakat selalu menunggu even yang ditata apik oleh EO bersama dinas terkait. 

Tapi, karena pandemi Covid-19 masih berlanjut. Semua agenda tersebut tidak dapat dilaksanakan. 

Bupati HM Harris juga mengingatkan agar masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. amr