Perbaiki Fasum, PUPR Siapkan Rp8 M


riaupotenza.com
Plt Kadis PUPR MD Rizal dan staf saat turun lapangan mengecek Fasum yang rusak untuk diperbaiki dan dibangun kembali.

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pelalawan segera memperbaiki fasilitas umum yang mengalami kerusakan yang ada di 12 kecamatan di Kabupaten Pelalawan. Tak tanggung-tanggung dana yang dialokasikan mencapai Rp8 miliar. 

''Dinas PUPR menganggarkan dana Rp8 miliar melalui dana swakelola tahun 2020 untuk melakukan perbaikan fasilitas umum yang dibangun oleh Pemda,'' jelas Plt Kadis PUPR Pelalawan H MD Rizal MPd  didampingi Sekretaris PUPR TS Haryan Tomas.ST. serta Kabib SDA Ibrahim dan Kabib Bina Marga T Rudi, Selasa (6/10).

MD Rizal menyebutkan diantara sasaran yang secepatnya dilakukan perbaikan, jalan aspal berlobang, drainase primer di Kota Pangkalan Kerinci, peningkatan ruas badan jalan menuju jembatan Desa Tambak-Sotol Kecamatan Langgam sepanjang 8 KM. 

Selain itu imbuh mantan Kadisdik Pelalawan ini, Fasum yang bakal mendapat sentuhan perbaikan melalui dana swakelola Jalan Sultan Syarif Hasim KM 55 Pangkalan Kerinci. 

''Juga fasilitas  lain yang ada di 12 kecamatan di Kabupaten Pelalawan ini,'' bebernya sambil mengatakan fasilitas terkait sudah diinventarisir untuk dikerjakan. ''Ini instruksi Bupati Pelalawan HM Harris. PUPR siap melaksanakannya,'' kata MD Rizal. 

Plt Kadis PUPR mengatakan sebelumnya pihaknya telah turun kelapangan guna melakukan inventarisir. ''Dan hasilnya, sesuai dengan arahan Pak Bupati,  maka yang dimungkinkan diperbaiki dilakukan perbaikan dan perlu dibangun ya dibangun,'' terangnya. 

Namun yang jelas terang MD Rizal, Bupati HM Harris ingin masyarakat nyaman dan tenang mengunakan fasilitas umum tersebut. 

''Perbaikan serta pembangunan drainase primer tentu  diharapkan bebas banjir, sehingga masyarakat tak perlu risau lagi, khususnya di musim hujan,'' ungkapnya. 

Namun lanjut MD Rizal yang juga Kadis Arsip Perpustakaan Kabupaten Pelalawan ini memaparkan, mengingat intensitas curah hujan menjelang akhir tahun 2020 diperkirakan meningkat, maka untuk mengantisipasi adanya genangan air yang menyebabkan banjir,  di badan Jalan Maharaja Indra (Jalan Lintas Timur (Depan Bank Mega,red) Pangkalan Kerinci, Dinas PUPR  sebut MD Rizal akan mengadakan pertemuan pekan depan bersama pihak P2JN Wilayah Sumatera (Perencanaan Pembangunan Jalan Nasional). 

''Sebab kewenangan pembangunan jalan nasional disana adalah mereka. Kita berharap pertemuan tersebut dapat membuahkan hasil, sehingga perbaikan jalan utama Jalan Lintas Timur di ibu kota Kabupaten Pelalawan ini segera dilakukan,'' ungkap Plt Kadis PUPR MD Rizal. amr