Perbaikan Jembatan Rampung, Jalan Lintas Timur Normal Kembali


riaupotenza.com

PANGKALANKERINCI (Riaupotenza.com) - Perbaikan jembatan  KM 57 Jalan Lintas Timur Sumatera Pangkalan Kerinci yang sempat ambruk total diterjang hujan deras sudah rampung. Arus lalu lintas dibuka kembali untuk semua jenis kendaraan dari semua arah dan tujuan.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pelalawan Drs H Syafruddin, M.Si, Rabu (23/9). Setidaknya perbaikan jembatan yang rusak memakan waktu lebih kurang tiga hari pasca diterjang volume air hujan yang kencang. 

''Insyaa Allah sore ini,'' jelas Kadishub menjawab media ini terkait perbaikan jembatan yang dilakukan pihak terkait, kemarin. 

Semula, sejak Sabtu (19/9) Jalan Lintas Timur  Kilometer 57 tepatnya di Desa Mekar Jaya SP 5 Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau putus total. 

Akibatnya akses lalu lintas pada jalan lintas nasional itu terputus total dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan besar, menengah, hingga kecil.

Penyebabnya, badan jalan amblas akibat longsor diterjang hujan deras pada jembatan penghubung tersebut. Bahkan satu unit dump truk terpuruk di jembatan yang ambles tersebut. 

Semua jenis kendaraan dialihkan ke Jalan Lintas Siak, khusus untuk kendaraan besar. Sementara untuk kendaraan menengah dan kecil bisa melewati jalur alternatif Jalan Pemda melalui KM 55. 

''Kita sifatnya koordinasi saja. Sedangkan yang mengerjakan perbaikan jembatan itu oleh Kemen PUPR langsung,'' jelas Plt Kadis PUPR Kabupaten Pelalawan MD Rizal, M. Pd terkait perbaikan jembatan yang rusak akibat banjir yang melanda Kabupaten Pelalawan beberapa hari itu. amr