Temui Kapolres, Para Kades Minta Wilayahnya Dibentuk Polsek


riaupotenza.com
Kunjungan Forum APDESI Meranti di Makopolres Kepulauan Meranti. (Foto Dhamean Hasibuan)

MERANTI (Riaupotenza.com) - Forum Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kepulauan Meranti jorjoran saat lakukan kunjungan ke Mapolres, Selasa (22/9).

Tak tangung-tanggung, para kades  dengan tegas meminta Kapolres AKBP Eko mempertambah unit Polsek pada jajarannya.

Permintaan itu berawal dari Ketua APDESI Meranti Mahadi. Ternyata ia telah mempersiapkan lahan untuk membangun Mako Polsek diwilayah kepemimpinannya desa Kedabu Rapat.

"Kalau soal lahan sudah kita siapkan pak. Ada seluas dua hektar," ucapnya saat melakukan silaturrahmi dengan Kapolres AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK.

Sementara itu, Toni Anuar yang bersamaan dengan Penti Kurniawan juga memaparkan jika saat ini wilayah Pulau Merbau masih di bawah Polsek Tebingtinggi Barat. Agar terwujudkan Polsek Pulau Merbau, lahan pembangunan Mako Polsek juga sudah disiapkan.

"Kami berharap bagaimana wilayah Pulau Merbau ini punya Polsek sendiri. Selama ini situasi kamtibmas masih dalam kondusif namun tidak lepas kejahatan selalu mengintai dan Alhamdulillah bisa diselesaikan dengan baik," ujarnya.

Sulaiman, yang merupakan Kades Melai, juga memaparkan bahwak sampai saat ini antara masyarakat dengan pihak Kepolisian Polsek Rangsang Barat sudah bergandengan tangan dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

"Tiga pilar ini, (Pemdes, Bhabinkamtibmas, dan Bhabinsa) selama ini sudah bekerjasama. Alhamdulillah selama ini komunikasi kami dengan pihak Kepolisian dan Aparat lainnya masih tetap sama dan tidak berubah sama sekali," kata Sulaiman.

Isnaini, Kades Meranti Bunting, juga menyampaikan sejauh ini antara Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di wilayahnya sudah sangat bagus dalam menciptakan situasi yang baik dari hal-hal lainnya.

"Kami sejauh ini tetap melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian setempat, makanya setiap ada hal yang perlu diselesaikan maka kami lakukan sebaik mungkin," katanya.

Toha, Kades Mengkirau, sekaligus Koordinator Kecamatan Tasik Putri Puyu juga memiliki harapan yang sama. Pihaknya berharap Kecamatan Tasik Putripuyu memiliki Polsek sendiri dengan tujuan menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif.

"Sejauh ini kami terus melakukan koordinasi yang baik dengan aparat kepolisian, alhamdulillah situasi di tempat kami selalu kondusif," jelas dia. 

Menyikapi apa yang disampaikan APDESI serta harapan beberapa Kades kepada Pihak Kepolisian Polres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto mengaku senang jika anggota telah melaksanakan tugas di lapangan dengan baik.

"Semoga silaturahmi serta sinergitas yang sudah terjalin baik selama ini dapat ditingkatkan demi menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," ujarnya.

Terkait permintaan dibentuknya Polsek baru, AKBP Eko menyebutkan akan menyampaikan harapan dan keinginan masyarakat tersebut kepada pimpinan.

"Intinya, mari sama-sama kita menjaga kamtibmas agar tetap kondusif dan mari bantu kami untuk menjaga situasi di Meranti tetap aman," ajaknya.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kasat Binmas Polres Meranti AKP Jufri SH, Ketua APDESI Mahadi, Sekretaris Penti Kurniawan, Bendahara Toni Anuar, Koordinator Kecamatan Rangsang Barat Sulaiman, Koordinator Rangsang Saripuddin, Koordinator Merbau Isnaini, dan Koordinator Tasik Putri Puyu Toha. dam