Didominasi ASN, 18 OTG Terkonfirmasi Positif COVID-19


riaupotenza.com
SWAB TEST MASSAL : Tampak salah seorang pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkalis menjalani swab test massal beberapa waktu lalu.(sukardi)

BENGKALIS(Riaupotenza.com) — Laman media sosial (Medsos), Selasa (22/9/2020) menginformasikan meningkatnya jumlah terpapar positif Covid-19 di Kabupaten Bengkalis. Bahkan beredar daftar atau list nama sebanyak 22 nama Aparatur Negeri Sipil (ASN) yang dinyatakan positif Covid-19 dari swab massal.

Kepastian 22 ASN yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut sampai hari ini belum di publis dan tentunya kabar tersebut, hingga saat ini membuat kondisi wabah Covid-19 makin tidak jelas pencegahannya dari pemerintah daerah.

Juru Bicara Penegakan Disiplin dan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 Dinas Kesehatan (Diskes) Bengkalis, Popi Yulia Santisa, S.Kep, Selasa (22/9/2020) saat dikonfirmasi Riaupotenza.com mengatakan, jika jumlah positif Covid-19 mengalami peningkatan sebanyak 18 orang positif status Orang Tanpa Gejala (OTG).

Terkait list atau daftar nama yang beredar melalui mikrosof exel, Popi menepis kabar tersebut. Dalam list itu berjumlah 22 orang, namun tak semuanya warga Bengkalis. Melainkan ada warga Dumai.

“List yang beredar melalu exel itu tidak semuanya. Hanya sebanyak 18 orang sebagian besar ASN. Ini diperoleh dari hasil tracking dan swab massal yang dilaksanakan beberapa waktu lalu,”ungkap Popi.

Untuk penananganan, sambung Popi, saat ini sebanyak 18 orang tersebut telah menjalani isolasi mandiri dan sebagian juga karantina mandiri. Total yang menjalani isolasi mandiri di Gedung Diklat Bengkalis menjadi 19 orang.

“Pasien Covid-19 ini merupakan hasil tracking dan swab massal dan statusnya Orang Tanpa Gejala (OTG),”ujarnya.

Ia mengatakan, meningkatnya Covid-19 ini diharapkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, terutama penggunaan masker, kemudian mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Paling terpenting adalah hindari kerumunan.kar