HASIL SWAB MASSAL BARU-BARU INI

Gawat, 4 Pegawai Dishub Bengkalis Terkonfirmasi Positif COVID-19


riaupotenza.com
Zul Asri.(dok)

BENGKALIS(Riaupotenza.com) — Pandemi Covid-19 tak kunjung berakhir, bahkan makin meningkat korban akibat virus Corona yang mengguncang dunia, terutama di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Terbukti, sebanyak 4 orang pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu diketahui dari sebagian swab massal di Perangkat Daerah yang sudah diketahui hasilnya.  Meskipun demikian, hal ini tidak berpengaruh terhadap pelayanan kepada masyarakat baik di pelabuhan roro Air Putih dan Sei Selari maupun pelabuhan Bandar Sri Laksamana.

“Memang benar ada 4 orang pegawai kita yang positif Covid-19, berdasarkan hasil swab massal beberapa waktu lalu. Sesui dengan saran dari Dinas Kesehatan, mereka ini diminta untuk melakukan  isolasi di Balai Diklat,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis H Zul Asri kepada wartawan, Senin (21/9/2020).

Disamping itu, sambung  Zul Asri, Dishub juga mengambil langkah tegas lainnya guna mencegah penularan Covid-19 di lingkungan Dishub Bengkalis. Di antaranya adalah dengan  melakukan penyemprotan disinfektan di kantor utama Dishub Bengkalis dan juga di UPTD. Kemudian memberlakukan sistem shift, baik untuk pekerjaan administrasi maupun lapangan.

Menjawab pertanyaan mengapa tidak  ditutup sementara sebagaimana halnya Dinas Pendidikan beberapa waktu lalu, Zul Asri mengatakan Dishub berkaitan langsung dengan pelayanan umum sehingga tidak bisa ditutup. 

“Pelayanan terhadap masyarakat harus tetap jalan, kalau tidak bisa muncul masalah baru. Jadi upaya kita adalah dengan sistem shift, bekerja secara bergantian  dua hari masuk dua  hari libur.  Sistem shift ini berlaku di kantor maupun di pelabuhan. Sedangkan untuk di roro, memang sudah sejak lama pakai sistem shift,” papar Zul Asri.

Masih menurut Zul Asri, dirinya kembali mengingatkan kepada seluruh pegawai di lingkungan Dishub  Bengkalis baik PNS maupun honorer  agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan dalam kondisi apapun.

Apalagi saat ini ada kecenderungan, sebagian yang positif Covid-19 merupakan orang tanpa gejala. Sehingga tanpa adanya penerapan protokol kesehatan yang ketat, tanpa disadari sangat memungkinan terjadi penularan ke orang lain.

“Saya imbau agar terapkan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan jangan lupa cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer,”imbaunya.kar