MELALUI FUN BIKE KODIM 0303/BENGKALIS

500 Lebih Peserta Diwajibkan Kenali Bangunan Sejarah di Bengkalis


riaupotenza.com
FUN BIKE : Plh. Bupati Bengkalis H. Bustami HY didampingi Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay melepas peserta Fun Bike Mengenali Situs Sejarah di Bengkalis. Pelepasan berlangsung di Lapangan Tugu Bengkalis, Sabtu (19/9/2020).(sukardi)

BENGALIS(Riaupotenza.com) — Bersepeda atau gowes seakan menjadi tren baru di Pulau Bengkalis. Hampir seluruh masyarakatnya, punya hobi bersepeda. Selain kesehatan yang didapat, ternyata bersepeda menumbuhkan komunitas-komunitas baru pecinta sepeda dikalangan anak-anak muda.

Melalui kegiatan bersepeda ini. Komando Distrik Militer (Kodim) 0303/Bengkalis menaja kegiatan Fun Bike Mengenal Pulau Bengkalis. Kegiatan Fun Bike itu berlangsung, Sabtu (19/9/2020) dan diikuti sekitar 500 lebih peserta dari berbagai komunitas sepeda. 

Tak terkecuali, OPD dan Forkopimda Bengkalis. Semua turut andil turun ke aspal, untuk mengasah keterampilan fisiknya. Namun, untuk Fun Bike kali ini. Peserta yang mengikuti kegiatan diajarkan berkreatif dalam mengenal situs-situs sejarah yang ada di Pulau Bengkalis. 

Komunitas sepeda yang menjadi peserta dibagi dalam sejumlah kelompok yang terdiri dari 5 peserta, sambil menaiki sepeda masing-masing kelompok diberi tugas untuk sampai ke sejumlah situs sejarah. Star Fun Bike diawali dari Lapangan Tugu Bengkalis

Sesampainya di situs sejarah yang dituju. Peserta beristirahat sejenak sambil mengisi lembar jawaban dari sejumlah pertanyaan seputar situs sejarah, yang disinggahi peserta. Setelah mengisi lembar jawaban, kemudian melanjutkan perjalanannya menuju ke situs sejarah berikutnya.

Lokasi situs sejarah, yang disinggahi antaranya Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Kstaria, Jalan Pramuka. Kemudian, Masjid Kuning, Wisma Daerah Sri Mahkota, Penjara Belanda dan Masjid Sabilillah, Desa Pedekik, Tugu Perjuangan Pedekik dan sejumlah situs sejarah lainnya di Kota Bengkalis.

Masing-masing kelompok Fun Bike tidak boleh berpisah-pisah dalam mengayuh sepeda, hingga sampai ke tujuan dan Finish di Makodim 0303/Bengkalis, Jalan Bantan. Sehingga, peserta dinilai dan nantinya mendapatkan hadiah langsung berupa piala dan uang pembinaan. Selain itu juga bagi peserta juga mendapatkan hadiah menarik dari kupon undian atau doorprize.

Komandan Kodim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay. S.Sos mengungkapkan, kegiatan Komsos Kreatif (Fun Bike) 0303/Bengkalis adalah Kegiatan program TW III stafter 0303/ Bengkalis dengan tema  membentuk SDM kreatif, produktif dan adaptif. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal sejarah dan situs-situs sejarah peninggalan di Kota Bengkalis. Selama kegiatan juga tetap memperhatikan protokol kesehatan agar berjalan dengan lancar yang terakhir saya berharap kita tetap sehat, tetap semangat kita lawan Covid 19 ini,”kata Letkol Inf Lizardo Gumay.

Selain dibuka Plt. Bupati Bengkalis Bustami dan Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay turut hadir menjadi peserta dalam kegiatan Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Rudi Ananta Wijaya, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan S.IK

Kemudian, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis Hj Akna Juita, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Bengkalis.

Dalam kegiatan itu juga, masing-masing peserta yang menjadi juara mendapatkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan. Hadiah katagori putra Juara I diraih Tim 4 gelombang 6 sebesar Rp 1,5 juta, Juara II Tim 8 gelombang 2 Rp 1,25 juta dan Juara III Tim 2 gelombang 9 sebesar Rp 1 juta.

Sedangkan katagori putri dengan hadiah yang sama Juara I Tim 2 gelombang 2, Juara II Tim 4 gelombang 4, Juara II Tim 1 gelombang dan untuk Pemenang favorit diraih oleh Tim ISI Kab. Bengkalis.kar